momotor.id - Diketahui bahwa sepeda motor sudah menjadi kebutuhan dasar kita semua, karena memudahkan kita untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, Honda Beat adalah salah satu sepeda motor yang sering kita temukan di jalanan.
Honda Beat menjadi salah satu jawara untuk sepeda motor jenis skuter matik, dikarenakan memiliki harga yang terjangkau dan memiliki performa yang baik. Setelah 14 tahun Honda Beat diproduksi terdapat 2 varian Honda Beat yang menjadi favorit masyarakat, yaitu Beat FI dan Beat eSP
Kira-kira hal apakah yang membuat kedua varian Honda Beat ini dapat digemari oleh masyarakat, serta apa aja sih yang membedakan Beat FI dengan Beat eSP. Oleh karena itu berikut penejelasan menganai Beat FI dan Beat eSP.
Honda Beat FI
Diketahui dinamakan Beat FI karena pada varian ini menggunakan teknologi PGM FI yaitu Programmed Fuel Injection. Teknologi ini berfungsi sebagai pengontrol suplai bahan bakar secara elektronik sehingga dapat memberikan pasokan bahan bakar dan oksigen yang optimal.
Varian Honda ini mulai pertama kali diluncurkan secara publik pada tahun 2012, jadi kurang lebih sudah 10 tahun Honda Beat dengan teknologi FI beredar di jalanan. Motor ini menjadi jawara dikelasnya karena dipatok dengan harga yang bersahabat dengan varian terendah dimulai dengan harga Rp 16,66 juta hingga varian tertingginya di Rp 18,47 juta.
Honda Beat eSP
Sebenarnya Honda Beat eSP adalah Honda Beat FI yang ditambahkan fitur eSP. Sepeda motor ini pertama kali diluncurkan secara publik pada tahun 2014, jadi teknologi eSP ini sudah berjalan kurang lebih 8 tahun. Di tahun tersebut diluncurkan Beat Fi dengan tambahan fitur atau teknologi eSP dan ISS.
Perlu diketahui eSP adalah singkatan dari Enhanced Smart Power yang memiliki fungsi agar proses pembakaran menjadi lebih efisien dan energi yang terbuang semakin kecil, hal ini menyebabkan bahan bakar semakin irit dan polusi yang dikeluarkan berkurang. Untuk motor ini dengan varian terendah dimulai dengan harga Rp 17,78 juta hingga varian tertingginya di Rp 19,03 juta.
Perbedaan Beat eSP dan Beat FI
Setelah kita mengetahui secara singkat mengenai Beat FI dan Beat eSP. Alangkah baiknya kita mengetahui lebih dalam mengetahui perbedaan kedua motor ini, karena akan membantu kita untuk memilih motor mana yang sesuai dengan kebutuhan kita saat ini. Berikut penjelasannya.
Baca Juga : Bedanya Honda BeAT Varian CBS dan CBS-ISS Ada Empat, Fitur Ini Juga Jadi Pembedanya
Perbedaan Eksterior
Untuk eksterior kedua motor ini memiliki perbedaan walaupun tidak signifikan. Cover depan setang untuk Beat eSP memiliki lekukan yang lebih kecil dibanding Beat FI. Selain itu untuk speedometer juga berbeda untuk Beat eSP menggunakan perpaudan warna kelir merah dan hitam, sedangkan untuk Beat FI warna putih dan hitam.
Selain itu untuk rumah lampunya, Beat FI memiliki posisi sein kanan dan kiri lebih tinggi daripada lampu utama tetapi tetap menyatu sehingga membentuk seperti kepala bertanduk di kanan dan kiri, sedangkan untuk Beat eSP kedua lampu seain nya memang terpisah, dengan lampu utama besar di tengah, lalu lampu sein nya terletak dibawah lampu utama.
Lalu untuk desain knalpot juga terdapat perbedaan, Beat eSP terlihat lebih sporty dibanding Beat FI lalu untuk cover kipas nya juga berbeda, selain itu tampilan untuk pijakan kaki atau step floor juga berbeda, walaupun memiliki dimensi luas yang sama.
Perbedaan Interior
Setelah kita mengetahui dari sisi eksterior selanjutnya kita mengetahui lebih dalam dari sisi interior. Kedua motor ini juga memiliki perbedaan salah satunya dari kapasitas bagasinya. Untuk Honda Beat eSp memiliki kapasitas sebesar 12 liter sedangkan untuk Beat FI hanya 11,2 liter tentu saja lebih kecil, namun kedua bagasi ini dapat menyimpan helm.
Selanjutnya dari segi kapasitas tangki bensin, kedua motor ini memiliki perbedaan untuk Beat eSP memiliki kapasitas tangki bensin sebesar 4,2 liter sedangkan untuk Beat FI memiliki kapasitas yang lebih kecil yaitu 4 liter. Selain itu terdapat juga perbedaan dari dudukan body cover, lalu DLC short connector nya untuk Beat eSP terletak di dekat aki sedangkan Beat FI terletak di bawah bagasi.
Perbedaan Fitur
Setelah kita melihat interior dan eksterior, kita lanjut ke bagian fitur yang diberikan kedua motor ini, dikarenakan Beat FI lebih dahulu rilis sehingga menyebabkan banyak fitur yang tidak dimiliki oleh Beat FI tapi dimiliki oleh Beat eSP.
Salah satu fitur tersebut adalah fitur ISS atau biasa dikenal sebagai Idling Stop System, yang memiliki fungsi mematikan mesin apabila sedang berhenti selama 3 detik dan akan kembali menyala apabila kita menggerakan gas.
Selain itu ada juga fitur ACG Starter atau Alternating Current Generator, fitur ini adalah salah satu fitur yang terbaru yang dimiliki oleh Honda, yang memiliki fungsi mengurangi getaran dan bunyi ketika motor dinyalakan. Fitur-fitur terbaru yang dimiliki oleh Beat eSP ini memiliki dampak yang positif untuk umur kendaraan selain itu juga dapat mengurangi konsumsi BBM.
Perbedaan Spesifikasi
Untuk spesifikasi terdapat perbedaan untuk kedua motor ini, salah satu pernbedaannya yaitu Beat eSP memiliki kapasitas aki yang lebih besar karena Beat eSP terdapat fitur ISS sehingga membutuhkan aki yang lebih besar. Aki untuk Bear eSP sebesar 5 Ah sedangkan untuk Beat FI hanya 3 Ah.
Lalu untuk mesin, kedua motor ini tidak terlalu berbeda, karena kedua motor ini menggunakan mesin 108,5 cc dengan bore dan stroke identik. Tapi kompresi untuk Beat eSP lebih besar dibanding Beat FI, untuk yang varian eSP sebesar 9,5 sedangkan untuk yang FI sebsar 9,2. Honda menaikan kompresi menjadi 9,5 karena sudah lebih percaya dengan sistem pendinginan yang mengadopsi spiny sleeve.
Selanjutnya Roller Rocker Arm (RRA) untuk Beat eSP memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding Beat FI, selain itu piston pada Beat eSP lebih ringan sebesar 11,5 gram dibandingkan piston Beat FI. Lalu pin piston untuk Beat eSP juga lebih ringan sebesar 4 gram dibandingkan Beat FI.
Untuk bagian kelistrikan kedua motor ini memliki perbedaan, yaitu untuk Beat eSP menggunakan listrik 3 phase jadi apabila di Beat FI hanya memiliki 12 gulungan, di Beat eSP memiliki 18 gulungan, karena sistem pengisiannya berbeda sehingga menyebabkan flywheel yang berbeda juga.
Tujuan dengan adanya perbedaan atau pembaharuan ini untuk mengefisiensikan putaran mesin agar menjadi lebih halus dan minim gesekan, sehingga dapat memaksimalkan kinerja dari mesin.
Baca Juga : Perbedaan Yamaha Lexi Varian Standard dan S, yang Lebih Murah Gak Punya Fitur Ini
Setelah kita mengetahui perbedaan antara Beat eSP dengan Beat FI, semoga dapat membantu anda untuk memilih varian motor yang sesuai dengan kebutuhan anda, selain itu pastikan mendapatkan motor Honda Beat ini di momotor.id karena di sini bekerjasama dengan dealer yang terpercaya.