Harga Beda Rp3 Jutaan, Ini yang Bikin Honda ADV 160 Tipe ABS Lebih Mahal Ketimbang Versi CBS

momotor.id - PT Astra Honda Motor (AHM) telah resmi memperkenalkan Honda ADV 160 pada Jumat, 1 Juli 2022 lalu. Sama seperti model sebelumnya, ADV 160 juga ditawarkan dalam dua varian yakni tipe ABS dan CBS. Lalu, apa saja perbedaan Honda ADV 160 tipe CBS dan ABS?

Perbedaan Honda ADV 160 tipe CBS dan ABS yang paling terlihat tentu dari harganya. Tipe ABS dibanderol Rp39.250.000 OTR Jakarta, sedangkan tipe CBS dibanderol Rp36 juta OTR Jakarta.

Nah, masuk ke bagian fitur, perbedaan kedua yakni tipe ABS dibekali fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur HSTC yang biasa ada di big bike dan motor premium Honda itu berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dicegah.

Perbedaan ketiga, tipe ABS tentunya sudah dibekali fitur pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang bisa mencegah terjadinya potensi roda mengunci saat dilakukan hard braking.

Perbedaan keempat, tipe ABS menggunakan emblem tiga dimensi berwarna gold. Perbedaan kelima, bagian velg dan handle bar tipe ABS menggunakan finishing warna burn titanium sehingga tampilannya lebih sporty.

Perbedaan keenam, tipe ABS juga telah ditambahkan fitur Emergency Stop Signal (ESS). Fitur ini secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat pengereman secara mendadak. Teknologi ini berguna untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Perbedaan ketujuh atau yang terakhir, adalah pilihan warna yang disediakan. Pada tipe ABS, tersedia dalam tiga warna namun semuanya adalah warna doff yakni Tough Matte Black, Tough Matte Red, Tough Matte White.

Sementara tipe CBS pilihan warnanya adalah warna glossy yakni Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White. Adapun pada sektor dapur pacu, baik tipe CBS maupun ABS sama-sama mendapat pembaruan dengan menggendong mesin 160 eSP+ 4 katup yang mampu menghadirkan sensasi lebih bertenaga ketika menerabas jalanan. Mesin ini pun sebelumnya telah ditanamkan pada model PCX 160 dan Vario 160.

Baca juga: Cara Merawat Helm Berbahan Karbon yang Harganya Jutaan Rupiah, Benernya Cuma Perlu Perhatikan Dua Bagian Ini

Panel meter full digital ADV 160 kini juga berdesain baru dan memiliki layar besar. Pengguna kini bisa mendapatkan informasi putaran mesin (takometer/ rpm meter) dan trip duration (elapsed time). Tombol pengaturan dipisah, terletak di antara handle bar dan panel meter.

Selain dua hal baru tersebut, informasi lain yang didapat antara lain indikator aki, indikator suhu luar (yang pertama di kelasnya), konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, Trip A dan Trip B.

Pada sisi keamanan, motor ini telah ditunjang Honda Smart Key dan alarm system. Untuk kenyamanan, telah dilengkapi USB charger pada console box dengan daya maksimal 5V 2,1A, menggantikan power charger pada model lama.

Desain suspensi depan yang kokoh serta penyematan wavy disc brake sebesar 240mm pada roda depan dan sebesar 220 mm pada roda belakang memberikan kestabilan dalam melakukan pengereman.

Pada bagian belakang, disematkan twin subtank rear suspension untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan optimal pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan. Penggunaan tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 - 14 (depan) serta 130/70 - 13 (belakang) semakin memberikan kesan gagah.

Berita Otomotif Honda ADV Honda ADV 160 Motor Honda

Rekomendasi Motor Bekas