Perbedaan Baut Untuk Bodi dan Mesin Pada Sepeda Motor, Jangan Keliru!

momotor.id - Sepeda motor dapat berfungsi dengan baik merupakan hasil kinerja dari berbagai komponen yang bersinergi, apabila terdapat salah satu komponen yang tidak bekerja dengan baik maka akan memengaruhi performa sepeda motor tersebut. 

Untuk mengikat beragam komponen pada sepeda motor hingga utuh, digunakanlah baut atau sekrup. Kedua komponen ini berbeda walaupun memiliki fungsi yang sama. Baut memiliki ulir tidak penuh sedangkan sekrup ulirnya penuh.

Baut adalah salah satu komponen krusial pada sepeda motor yang seringkali terabaikan. Meskipun terlihat sebagai elemen kecil, baut memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan kinerja sepeda motor Anda. 

Sedangkan sekrup biasanya digunakan untuk mengikat komponen pada bodi-bodi motor. Oleh karena itu artikel ini dibuat untuk memberi tahu kepada masyarakat mengenai perbedaan baut pada bodi dan mesin motor. Simak penjelasannya berikut.

Baca Juga : Ragam Promo Sobat Expo Cileungsi, Banyak Motor Berkualitas!

Baut Pada Bodi Motor

Baut ata sekrup yang biasanya digunakan pada bodi sepeda motor, seperti fairing dan panel samping, biasanya dirancang untuk fokus pada estetika sepeda motor. Hal ini dilakukan karena bodi motor merupakan bagian terluar pada sepeda motor.

Walaupun memikirkan aspek estetika, penggunaan baut ini juga tidak mengesampingkan aspek keamanan. Baut untuk bodi cenderung lebih ringan dan terbuat dari bahan yang mendukung keindahan visual sepeda motor. Stainless steel atau aluminium adalah pilihan umum karena mereka menawarkan kombinasi yang baik antara kekuatan dan tampilan yang bersih.

Baut Pada Mesin Motor

Di sisi lain, baut yang digunakan untuk menyatukan beragam komponen pada mesin motor memiliki tujuan yang berbeda. Baut ini dirancang untuk menahan beban yang lebih beart, getaran mesin, hingga kondisi operasional yang keras. 

Oleh karena itu baut untuk mesin cenderung memiliki karakteristik yang lebih kokoh dan terbuat dari logam yang tahan terhadap tekanan dan panas. Kekuatan dan ketahanan korosi adalah aspek utama yang dipertimbangkan dalam pemilihan bahan untuk baut mesin.

Sebagian besar baut mesin terbuat dari material yang mampu menahan suhu tinggi dan beban berat tanpa mengalami deformasi atau kegagalan struktural.

Penyesuaian Baut Bodi dan Mesin

Selain perbedaan bahan, baut untuk bodi dan mesin juga dapat memiliki persyaratan torsi dan ukuran yang berbeda. Baut mesin biasanya memerlukan torsi yang lebih tinggi untuk memastikan koneksi yang kokoh, sementara baut untuk bodi dapat memiliki toleransi torsi yang lebih rendah.

Ukuran baut, termasuk panjang dan diameter, juga dapat bervariasi sesuai dengan fungsi mereka. Baut bodi mungkin lebih kecil dan ringan, sementara baut mesin dapat lebih besar dan lebih kokoh.

Memahami perbedaan esensial antara baut untuk bodi dan mesin pada sepeda motor sangat penting untuk pemeliharaan yang efektif. Pemilihan baut yang tepat tidak hanya meningkatkan daya tahan, tetapi juga memastikan keselamatan dan performa sepeda motor.

Baca Juga : Hadiri Expo Motor Bekas di Cileungsi, Banyak Promonya!

Berikut ulasan mengenai baut untuk bodi dan mesin pada sepeda motor, semoga dengan adanya ulasan ini dapat meningkatkan pengetahuan Anda pada dunia otomotif khususnya sepeda motor. Kunjungi momotor.id untuk mendapatkan penawaran menarik mengenai trade in, motor baru, motor bekas, hingga electric vehicle.

Baut Motor Info Otomotif Motor Tips and Trick Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas