momotor.id - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja merilis Lexi 155 LX 155 akhir pekan lalu. Yamaha Lexi LX 155 akan bersaing langsung dengan Vario 160 yang menjadi skutik andalan Honda di kelas ini.
Berbeda dengan generasi sebelumnya yang masih menggendong mesin 125 cc, Yamaha Lexi generasi terbaru ini sudah mengusung mesin terbaru 155 cc. Hal ini juga yang menjadi salah satu faktor Lexi 155 bakal bersaing dengan Honda Vario 160.
Secara desain, fitur, dan mesin, tentunya ada berbagai perbedaan bila membandingkan Yamaha Lexi LX 155 dan Honda Vario 160. Lantas, apa saja perbedaannya? Berikut ulasan selengkapnya.
Desain
Secara desain, Yamaha Lexi LX 155 masih mengusung konsep yang serupa dengan generasi sebelumnya. Namun tampilannya kini lebih segar, terutama pada desain lampu depan dan belakang. Baik lampu depan dan belakang kini sudah menggunakan LED. Sementara lampu sein masih menggunakan bohlam.
Tinggi joknya 770 mm, masih lebih tinggi dari Yamaha NMax yang hanya 765 mm. Sedangkan bobotnya 116 kg untuk varian Standard, 117 kg untuk varian S, dan 118 kg untuk varian Connected ABS.
Sedangkan Honda Vario 160 mengusung desain yang mirip seperti Vario 125, namun terlihat lebih bulky alias berotot. Tak seperti Lexi LX 155, Vario 160 sudah menggunakan LED pada semua lampu intinya. Baik lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein.
Untuk tinggi joknya, sedikit lebih tinggi dari Yamaha Lexi 155 yakni 778 mm. Sedangkan bobotnya 115 kg untuk tipe CBS dan 117 kg untuk tipe ABS.
Baik Yamaha Lexi LX 155 maupun Honda Vario 160 sama-sama memiliki ruang dek di depan jok yang cukup fungsional dan bisa dimanfaatkan untuk meletakkan barang bawaan atau belanjaan.
Kaki-kaki
Yamaha Lexi LX 155 menggunakan suspensi depan telescopic dan suspensi belakang unit swing. Khusus varian S dan Connected/ABS, telah ditambahkan sub-tank pada suspensi belakangnya.
Ban depan berukuran 90/90-14M/C 46P dan ban belakang 100/90-14M/C 57P. Baik ban depan maupun belakang sudah menggunakan ban tubeless.
Sementara pada sistem pengeremannya, Yamaha Lexi LX 155 menggunakan cakram pada roda depan dan tromol pada roda belakang. Ini diterapkan pada semua variannya.
Beralih ke Honda Vario 160, skutik ini menggunakan teleskopik pada suspensi depan dan swing arm dengan suspensi tunggal pada bagian belakang. Ban depannya berukuran 100/80-14M/C dan ban belakang 120/70-14M/C. Kedua ban juga sudah menggunakan ban tubeless.
Pada sistem pengeremannya, Honda Vario 160 tipe CBS sudah menggunakan cakram pada roda depan dan tromol pada roda belakang. Sedangkan varian ABS dilengkapi rem cakram baik pada roda depan maupun belakang.
Mesin
Yamaha Lexi LX 155 menggendong mesin 155.09 cc SOHC 1 silinder generasi terbaru yang mampu menyemburkan tenaga 11,3 kW/8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 kW/6.500 rpm.
Sedangkan Honda Vario 160 dibekali mesin 156,9 cc PGM-FI 4 langkah 4 valve eSP+ berpendingin cairan yang sanggup menyemburkan tenaga maksimum 11,3 kW/8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm/7.000 rpm.
Fitur
Yamaha Lexi LX 155 dibekali layar full LCD pada speedometer dengan desain baru yang lebih futuristik. Ada juga fitur Smart Key System pada varian S dan Connected/ABS yang membuat motor ini tak memerlukan anak kunci untuk menyalakan mesin.
Selain itu, ada fitur Answer Back System untuk memudahkan pemilik motor mencari posisi kendaraannya ketika berada di tempat parkir.
Pada varian S dan Connected/ABS juga dibekali fitur Stop and Start System (SSS) yang membuat mesin otomatis mati ketika sedang berhenti sejenak sehingga lebih irit BBM.
Khusus varian Connected/ABS, juga dibekali dua fitur tambahan yang tak dimiliki dua varian di bawahnya. Fitur tersebut adalah Y-Connect yang menghadirkan beragam informasi seputar kendaraan pengguna seperti rekomendasi perawatan, konsumsi BBM, lokasi parkir terakhir, notifikasi malfungsi, dan sebagainya.
Fitur tambahan kedua tentunya adalah sistem pengereman ABS yang mencegah roda depan terkunci ketika melakukan rem mendadak. Adapun semua varian Lexi LX 155 sudah dibekali juga fitur handlebar switch control untuk mengubah informasi dan pengaturan pada speedometer, serta electric power socket pada rak sebelah kiri.
Sedangkan Honda Vario 160 juga dibekali full digital panel meter yang menghadirkan beragam informasi seperti konsumsi BBM, jam digital, speedometer, tripmeter, pergantian oli, indikator baterai dan tegangan aki, smart key, hingga tambahan indikator ABS khusus varian ABS.
Menariknya, semua varian Honda Vario 160 telah dibekali Smart Key System sehingga tak lagi membutuhkan anak kunci untuk menghidupkan motor. Semua varian juga telah ditanamkan alarm anti maling serta Answer Back System.
Seperti kompetitornya, Honda Vario 160 juga memiliki electric power socket. Namun power socket ini sudah berbentuk USB charger dengan daya maksimal 5V 2.1A.
Kompartemen, bagasi, dan tangki
Yamaha Lexi LX 155 hanya memiliki satu rak di bagian depan yang sekaligus terdapat electric power charger. Kapasitas bagasinya kurang lebih masih sama seperti generasi sebelumnya dan relatif lebih kecil karena ada tonjolan di dalamnya plus tangki bensin berkapasitas 4,2 liter di bawah jok.
Sedangkan Honda Vario 160 memiliki dua rak di bagian depan, satu terbuka dan satu tertutup yang terdapat power socketnya. Kapasitas bagasinya sebesar 18 liter dan tangki bensinnya berkapasitas 5,5 liter.
Harga
Harga Yamaha Lexi LX 155 varian Standard dibanderol Rp25.350.000. Sedangkan varian S dibanderol Rp26.850.000. Sementara varian Connected ABS dihargai Rp29.900.000
Beralih ke Honda Vario 160, varian CBS Active skutik ini dibanderol Rp26.639.000. Varian CBS Grande dibanderol Rp26.889.000, dan varian ABS dibanderol Rp29.513.000.
Semua harga di atas adalah harga OTR DKI Jakarta.