Pelihara Suzuki V-Strom 250SX di Garasi, Berapa Duit Biaya Perawatannya?

momotor.id - Suzuki V-Strom 250SX telah resmi mengaspal di Indonesia sejak April 2023 dan dibanderol seharga Rp59,5 juta OTR Jakarta. Lantas, berapa biaya perawatan yang harus dikeluarkan untuk Suzuki V-Strom 250SX yang mengusung gaya crossover ini?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum lama ini memberikan rincian biaya perawatan Suzuki V-Strom 250SX. Menurut pihak SIS, biaya jasa service V-Strom 250SX masih gratis hingga 36.000 km atau sekitar 3 tahun.

Pada tahun pertama atau sampai 12.000 km, konsumen hanya membayar biaya spare part, oli, termasuk PPN 11 persen sebesar Rp1.890.500. Sementara pada tahun kedua atau sampai 24.000 km, pemilik V-Strom 250SX akan dikenakan biaya sekitar Rp3.462.500.

Sedangkan pada tahun ketiga atau sampai 36.000 km, biaya service dan spare part motor ini menghabiskan biaya Rp4.694.000. Selama pemakaian sampai dengan 36.000 km atau kurang lebih 3 tahun, biaya perawatan V-Strom 250SX memerlukan biaya Rp10.047.000.

Apabila dibagi tiga tahun, maka biaya servis Suzuki V-Strom 250SX per tahun di bengkel resmi menghabiskan Rp3.349.000. Sementara biaya pajak atau PKB per tahun motor ini sekitar Rp690.000, ditambah SWDKLLJ Rp 35.000, maka bila ditotal sebesar Rp725.000 untuk wilayah DKI Jakarta.

Artinya biaya servis per tahun senilai Rp3.349.000, ditambah biaya pajak per tahun sebesar Rp725.000, menghasilkan total biaya pemakaian Rp4.074.000. Bila dibagi 12 bulan, maka biaya pengeluaran per bulannya untuk merawat motor ini menghabiskan Rp339.500, belum termasuk biaya bahan bakar.

Adapun soal performa, Suzuki V-Strom 250SX menggendong mesin bertenaga dengan kapasitas 249cm3 4-stroke, 1-cylinder, 4-valve oil-cooled SOHC engine. Mesin ini disebut mampu menyemburkan 19,5 kW di 9.300 rpm, serta torsi yang mencapai 22,2 Nm di 7.300 rpm.

Baca juga: Apa Jadinya Kalo Coolant Radiator Motor Habis Tapi Gak Langsung Diisi Ulang?

Dalam kondisi berkendara di perkotaan, Suzuki Oil Cooling System (SOCS) menjaga mesin tetap dingin saat cuaca panas, sasis yang ramping serta ringan dan gesit membuatnya mudah digunakan kemanapun, dan short-style dual-exit muffler dan separate seat memberikan tampilan sporty bagi pengendara seperti yang diinginkan.

Di jalan tanah datar yang tidak beraspal, roda depan berukuran 19 inci dan ground clearance yang cukup menambah rasa stabilitas berkendara, sementara windscreen fungsional dan knuckle cover juga menjadikannya sebagai pasangan yang ideal untuk turing.

biaya perawatan motor crossover Suzuki V-Strom 250 SX

Rekomendasi Motor Bekas