Motor Listrik Juga Butuh Perawatan Berkala, Cek Tiga Komponen Ini

momotor.id - Beberapa pengguna mungkin mengira motor listrik tak perlu perawatan berkala karena tak menggunakan oli mesin seperti halnya motor konvensional berbahan bakar bensin.

Pada motor konvensional, komponen yang rutin diganti setiap dua atau tiga bulan sekali adalah oli mesin. Oli mesin penting untuk melindungi gesekan antar komponen sehingga kinerja mesin tetap halus dan optimal.

Nah, motor listrik tak menggunakan oli mesin, apalagi oli samping seperti motor 2 tak. Motor listrik juga tak meminum bensin karena sumber tenaganya berasal dari baterai yang menyimpan tenaga listrik.

Itu sebabnya, beberapa pengguna ada yang mengira kendaraan bertenaga setrum ini tak membutuhkan perawatan berkala. Padahal, motor listrik memiliki beberapa komponen yang tetap membutuhkan perhatian khusus secara berkala.

Lalu, apa saja komponen motor listrik yang perlu mendapat perawatan berkala sertiap beberapa bulan sekali? Setidaknya ada tiga komponen yang perlu dicek rutin secara berkala pada motor listrik yakni soket-soket perkabelan, laher dinamo, dan sistem pengereman.

Soket kabel bisa dijumpai di kompartemen bagasi dekat baterai dan MCB. Perawatannya mudah, cukup dilepas dan dibersihkan menggunakan cairan WD-40, kemudian dilap.

Hal itu dilakukan untuk menghindari karat korosi yang mungkin terjadi, akibat kelembapan atau ada cairan yang masuk. Aktivitas ini sebaiknya dilakukan setiap dua bulan sekali.

Namun jika motor listrik sering kehujanan, bisa diperiksa lebih rutin. Perawatan serupa juga diterapkan di area laher alias poros dinamo. Pada penggerak jenis hub-drive, komponen ini sebaiknya dibersihkan secara rutin, untuk mencegah kotoran menumpuk.

Prosesnya juga sama, bisa dibersihkan terlebih dahulu dengan cairan WD-40 dan dikeringkan. Proses ini juga akan mencegah terjadinya bearing macet.

Baca juga: Beli Aki Baru Jangan Langsung Dipasang ke Motor, Lakukan Ini Dulu Supaya Gak Begini

Tahap terakhir yakni pemeriksaan rem. Prosesnya mudah dan serupa dengan motor konvensional. Nah, untuk pemeriksaan rem, tak harus dibawa ke bengkel spesialis motor listrik. Pemeriksaan bisa dilakukan di bengkel mana saja karena yang diperiksa hanya bagian kampas rem.

Motor Listrik perawatan motor listrik soket motor listrik

Rekomendasi Motor Bekas