Penyebab Rem Cakram Motor Menjadi Seret dan Cara Mengatasinya

momotor.id - Seiring masa pemakaian, bukan tak mungkin rem cakram mulai mengalami masalah. Hal yang paling umum terjadi adalah rem cakram menjadi seret. Lalu, apa penyebab rem cakram motor menjadi seret?

Penyebab rem cakram motor menjadi seret karena adanya penumpukan debu dan kotoran pada komponen tersebut. Jika tak dibersihkan, lama kelamaan rem cakram menjadi seret dan bisa macet. Bila sudah begitu, akan menyebabkan komponen lain ikut rusak dan akhirnya perlu biaya lebih untuk memperbaikinya.

Guna mencegah rem cakram menjadi seret, pemilik motor bisa membersihkannya. Caranya, buka kaliper pada piringan cakram dengan kunci L, kemudian lepas kaliper tersebut.

Setelah itu, semprot bagian celah piston kecil dan master rem hingga bersih. Saat menyemprotnya, gunakan campuran air dan sabun cuci piring. Pasang kembali kaliper seperti semula dan pastikan kaliper terpasang pada posisi yang tepat.

Baca juga: Cara Mengerem Motor ketika Hujan Supaya Tidak Kepleset

Oh ya, selain debu dan kotora, karat pada bagian cakram juga bisa mengakibatkan masalah. Dampaknya pun sama, rem motor bakal seret dan akhirnya macet.

Cara mengatasi karat ini bisa dimulai dengan membuka kaliper pada piringan cakram lalu lepas dan bersihkan karat hingga piringan bersih. Setelah karat hilang, oleskan cakram menggunakan grease. Selanjutnya kembalikan kaliper pada posisi semula.

Adapun ketika musim hujan, pemilik motor sebaiknya juga melakukan perawatan ekstra pada bagian pengereman. Hal sederhana yang bisa dilakukan ialah membersihkan rem cakram dari air hujan setelah pemakaian.

Jika berkendara dalam kondisi hujan, maka setelah sampai di tempat tujuan sebaiknya bersihkan cakram dari air hujan dengan cara siram cakram menggunakan air bersih atau gunakan brake cleaner yang direkomendasikan.

Keringkan bagian-bagian yang dapat dijangkau dengan menggunakan kain majun yang bersih sembari roda sedikit diputar perlahan. Cara ini akan lebih mudah jika posisi kendaraan pada main stand atau standar tengah. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan lumpur yang menempel akibat terbawa air hujan yang dapat mengakibatkan karat dan rem menjadi seret.

Cakram Motor Cakram Motor Seret Info Otomotif Rem Cakram

Rekomendasi Motor Bekas