Ketahui Penyebab Rantai Keteng Pada Sepeda Motor yang Cepat Aus

momotor.id - Rantai keteng atau timing chain merupakan komponen yang mempunyai peran vital pada motor. Komponen ini memiliki peran yang sangat penting pada sistem kerja mesin. Cara kerja dari rantai keteng tentunya berbeda dengan rantai gir. Rantai gir berperan untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang motor, sedangkan rantai keteng berperan untuk menyalurkan tenaga dari crankshaft ke noken as dalam mesin. Crankshaft yang berputar mengikuti langkah kerja piston menggerakan rantai yang terhubung pada noken as. Ketika noken as menerima tenaga dari rantai keteng, noken as langsung menyalurkan tenaga untuk proses buka tutup klep. Apabila rantai keteng pada motor bermasalah atau aus, maka sistem kerja dari mesin juga bermasalah.

Rantai keteng yang aus atau kendur biasanya akan menimbulkan suara. Jika tidak segera diganti, Rantai keteng yang aus akan berakibat fatal. Rantai yang aus atau kendur akan terlepas dari gear atau jalurnya. Hal ini dapat berdampak pada klep yang bengkok, bushing klep pecah, dan piston yang lecet. Apabila terjadi hal demikian, maka motor akan turun mesin. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dari rantai keteng pada motor yang cepat aus.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, Lakukan Perawatan ini Untuk Motor

Gaya Berkendara Bisa Jadi Penyebab Rantai yang Cepat Aus

Sebagian masalah dari rantai yang cepat aus biasanya disebabkan oleh sikap pengendara motor yang salah. Rantai keteng cepat aus karena adanya gesekan. Apabila pengendara motor sering memacu motornya di RPM yang tinggi secara terus menerus, maka akan menimbulkan gesekan.

Kualitas dari Oli Mesin

Salah satu penyebab dari rantai keteng yang cepat aus adalah kualitas oli mesin. Oli yang kualitasnya sudah jelek akan menyebabkan gesekan lebih berat pada komponen mesin. Hal ini tentunya akan berdampak kepada rantai keteng yang bisa cepat aus. Apabila demikian, maka pemilik motor perlu mengganti rantai keteng dengan yang baru sepaket dengan tensioner. Penggantian ini disarankan agar kinerja dari mesin motor optimal dan rantai keteng tidak mudah aus.

penyebab rantai keteng aus rantai keteng rantai keteng aus rantai mesin Tips Motor

Rekomendasi Motor Bekas