momotor.id - Normalnya, lampu indikator Malfunction Indicator Lamp (MIL) alias lampu indikator check engine hanya menyala sekitar 2-3 detik saat motor baru dihidupkan. Jika lampu check engine terus menyala, ada yang tak beres dari motor tersebut.
Penyebab lampu check engine motor yang terus menyala bisa karena beberapa hal. Pemilik motor perlu curiga jika lampu indikator ini terus menyala karena mengindikasikan ada komponen yang mengalami gangguan.
Lalu, apa yang biasanya menjadi penyebab lampu check engine menyala terus? Berikut penjelasan selengkapnya.
Throttle Position Sensor (TPS) bermasalah
Lampu MIL yang terus menyala bisa berdampak pada Throttle Position Sensor (TPS). Yakni sensor yang berfungsi untuk membaca besaran bukaan gas dan mengabarkan sinyal tersebut ke ECU.
Apabila TPS rusak, maka akan menyebabkan putaran mesin menjadi berat dan tidak bisa idle. Jika tak kunjung diperbaiki, sensor yang rusak ini juga bisa mempengaruhi tarikan motor menjadi kurang responsif.
Pulser bermasalah
Masalah bisa terjadi di pulser atau pick up coil saat lampu indikator motor terus menyala. Komponen pulser sendiri berfungsi untuk menentukan waktu pengapian kepada CDI atau ECU ke SCR, kemudian memerintahkan SCR untuk membuka kapasitor dan melepaskannya.
Apabila pulser sampai pada kondisi lemah, biasanya motor akan tersendat seperti saat kehabisan bahan bakar. Motor juga bisa sering mogok nantinya.
Kerusakan ECU
ECU adalah salah satu komponen yang terpenting pada motor. Lantaran semua fitur pada mesin injeksi semuanya dikontrol dalam ECU ini, seperti bukaan bahan bakar, campuran udara, juga riding mode.
Apabila terdapat masalah pada ECU, mungkin seluruh sistem mesin injeksi motormu akan mengalami kerusakan juga.
Filter udara kotor
Filter udara berperan dalam menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar supaya tidak bercampur dengan partikel kotoran juga debu.
Namun jika filter udara kotor maka akan mengakibatkan tarikan gas motor menjadi berat serta tak stabil. Mesin motor juga akan sering mati mendadak bila filter udara yang kotor masih digunakan.
Kerusakan power supply
Lampu check engine yang rusak tak hanya terus menyala. Tapi MIL yang bermasalah juga dapat ditandai dengan lampu menyala yang berkedip.
Jumlah kedipan lampu ini disebutkan sebagai kode kegagalan. Jika lampu indikator berkedip hingga 46 kali, maka menandakan kerusakan pada power supply.
Power supply yang rusak dapat disebabkan lantaran regulator tak berfungsi dan aki yang tidak terisi dengan sepenuhnya. Selain itu, kerusakan power supply juga bisa karena over-charging.
Baca juga: Jangan Simpan Barang Ini di Bagasi Motor, Pokoknya Jangan!
Adapun penyebab lainnya, bisa juga karena kabel speedometer yang putus atau aki bermasalah. Bila mendapati lampu check engine dalam kondisi seperti itu, sebaiknya segera bawa motor ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.