Knalpot Motor Sering Nembak-nembak Bikin Kaget, Apa Penyebabnya?

momotor.id - Bagi pengendara motor yang terbiasa mengendarai kendaraan roda duanya tanpa ada masalah, barangkali bakal kaget ketika mendengar suara letupan dari bagian knalpot. Knalpot yang meletup-letup atau bisa dibilang nembak nembak ketika motor dikendarai mengindikasikan adanya masalah pada beberapa komponen tertentu.

Masalah knalpot motor nembak nembak ini biasanya ditemui pada motor yang melakukan modifikasi ekstrem. Namun problem ini bisa juga muncul pada motor yang kurang mendapat perawatan. Jika terus dibiarkan, hal ini akan berdampak pada kenyamanan berkendara. Selain motor menjadi berisik, penyakit ini juga akan mempengaruhi kinerja komponen lainnya.

Lalu, apa yang menyebabkan knalpot motor meletup-letup atau nembak-nembak? Berikut penjelasan selengkapnya.

Tutup choke terbuka

Hal yang satu ini terbilang sangat sepele namun bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya bunyi ledakan pada knalpot motor. Seringkali seorang pengendara motor lupa menutup kembali choke yang sebelumnya telah mereka buka. Alhasil, ini menyebabkan aliran bensin yang masuk ke ruang bakar cukup banyak.

Akibatnya, proses pembakaran pun tak terjadi dengan sempurna. Nah, saat pengendara menarik tuas gas, ini akan menimbulkan bunyi seperti ledakan pada knalpot.

Busi bermasalah

Busi merupakan komponen kecil yang memiliki peran besar dalam sebuah kendaraan. Tugasnya memantik api dalam proses pembakaran. Jika busi yang seharusnya memantik api ini tak berfungsi maksimal, maka bisa timbul beragam masalah.

Salah satunya adalah bunyi ledakan yang muncul pada knalpot saat motor dikendarai. Kondisi ini juga dapat menyebabkan mesin motor mati saat itu juga.

Faktor yang menyebabkan busi tidak bekerja maksimal cukup beragam. Salah satunya adalah busi yang sudah berkerak atau kotor. Busi yang sudah habis masa pakainya juga menyebabkan kinerjanya tak maksimal lagi. Solusinya, harus mengganti busi dengan yang baru agar proses pembakaran kembali normal.

Problem di saluran udara

Masih berhubungan dengan poin yang sebelumnya, ledakan yang terjadi pada knalpot juga dapat dipicu oleh saluran udara ke mesin yang terkendala. Mengingat udara sangat diperlukan dalam proses pembakaran, maka jika kapasitas udara yang masuk tidak sesuai hal ini juga akan mempengaruhi hasil dari pembakaran tersebut.

Hal ini bisa terdeteksi lewat suara ledakan yang terjadi saat RPM rendah. Solusi yang bisa dilakukan adalah membersihkan secara rutin bagian karburator dan sekitarnya.

Karburator sudah aus

Motor yang menggunakan karburator jenis vakum cenderung memiliki proses pembakaran yang lebih baik. Jenis karburator ini seringkali digunakan pada motor-motor non injeksi.

Baca juga: Masalah Ini Bakal Terjadi Pada Motor Jika Piston Mengalami Kerusakan

Nah, hal ini dipengaruhi oleh kemampuan buka tutup klep pada bagian karburator tersebut yang berbahan dasar karet. Sayangnya, karena terbuat dari karet, komponen yang satu ini dapat mengeras jika terlalu lama bersentuhan dengan bahan bakar. Komponen ini perlahan akan menjadi aus dan tidak layak digunakan. Faktor yang satu ini juga dapat menyebabkan terjadinya suara ledakan saat tuas gas motor ditarik.

Knalpot bocor

Knalpot bocor juga bisa menjadi penyebab meletup-letupnya bagian ini. Jika memang terbukti bocor, pemilik motor bisa memperbaikinya dengan menggunakan lem besi atau dengan menambalnya menggunakan plastic steel maupun seal tape aluminium.

busi motor Choke Motor Info Otomotif Knalpot Motor Knalpot Motor Bocor Knalpot Motor Nembak

Rekomendasi Motor Bekas