Beberapa Penyebab Kipas Radiator Motor Mati, Bikin Mesin Cepat Panas

momotor.id - Pada kondisi normal, kipas radiator akan hidup secara otomatis ketika mesin mencapai suhu tertentu guna membantu mendinginkan air radiator yang panas. Jika kipas radiator motor mati, tentu ini akan membuat mesin cepat panas dan berpotensi mengalami overheat.

Peran kipas radiator memang cukup penting dalam membantu mendinginkan mesin. Misalnya ketika motor harus melewati kemacetan di jalan, maka motor akan kekurangan semburan angin untuk mendinginkan air radiator. Di sini pentingnya peran kipas radiator sehingga suhu mesin tetap terjaga di suhu idealnya.

Sebagai informasi, mesin yang overheat akan membuat motor mogok bahkan bisa jebol karena terlalu panas. Itu sebabnya, jika kipas radiator motor mati, perlu segera dicari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Berikut beberapa penyebab yang mengakibatkan kipas radiator tidak berputar.

Coolant temperature sensor rusak

Komponen ini memiliki peran yang cukup penting. Pada dasarnya, coolant temperature sensor memiliki fungsi untuk mengukur suhu pendingin mesin pembakaran internal.

Fan control module rusak

Kipas radiator bisa berputar dengan memanfaatkan dukungan fan control module. Ketika kipas radiator mati, periksa komponen ini apakah masih berfungsi normal atau tidak.

Motor kipas pendingin mati

Kipas radiator akan berputar apabila motor penggerak bekerja dengan baik. Tetapi jika terdapat kerusakan, maka hal ini bisa menjadi penyebab kipas radiator mati. Jika komponen motor kipas pendingin rusak, maka akan terhubung langsung dengan sekring yang menyebabkan tidak bisa beroperasi.

Baca juga: Tiga Penyebab yang Bikin Oli Mesin Motor Bocor, Jangan Dicuekin

Kabel kipas putus

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan salah satu kabel yang terhubung dengan radiator terputus, sehingga kipas tidak bisa berputar seperti biasanya. Jadi cukup pastikan saja apakah jalur kebel tidak ada yang putus atau rusak.

Sekring kipas radiator rusak

Sekring merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi sebagai pengaman beberapa rangkaian elektrikal. Melihat fungsi sekring ini, maka dapat dipastikan apabila sekring terputus dan mati otomatis aliran listrik terputus dan menyebabkan beberapa komponen kipas radiator tidak berfungsi.

Visco fan rusak

Komponen kipas visco fan atau viscous ini terletak di bagian tengah baling-baling. Apabila visco fan jebol atau terjadi kerusakan, maka otomatis kipas tidak akan bisa berputar.

Fan belt putus

Kipas akan berputar jika terdapat komponen penggeraknya yakni fan belt. Apabila fan belt rusak atau putus maka itu bisa menjadi penyebabnya kenapa kipas tidak berputar.

Info Otomotif Kipas Radiator Kipas Radiator Motor Motor Overheat

Rekomendasi Motor Bekas