Cat Body Motor Terlihat Cepat Pudar, 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

momotor.id - Warna cat body yang terlihat kusam dan pudar tentu membuat motor menjadi kurang sedap dipandang. Ada beberapa hal yang bisa membuat cat body motor menjadi kusam dan pudar. Namun, pada kondisi tertentu, cat body motor bisa terlihat lebih cepat pudar dari biasanya.

Cat motor memang akan memudar seiring waktu pemakaian. Namun cepat atau lambat memudarnya, hal itu tergantung perlakuan dan perawatan yang dilakukan pemilik motor. Cat body motor bisa cepat pudar setidaknya karena enam faktor. Berikut penjelasan selengkapnya seperti dilansir laman resmi Wahana Honda.

Paparan langsung sinar matahari

Paparan langsung radiasi sinar ultraviolet (UV) dari matahari bisa merusak lapisan cat sepeda motor, sehingga warna cat dapat terlihat kusam. Hal tersebut lebih sering terjadi pada sepeda motor yang terparkir di lahan terbuka, sehingga bodi motor akan langsung terkena sengatan panas sinar matahari. Karena itu, usahakan untuk memarkir sepeda motor di tempat yang teduh agar terhindar dari terpaan langsung sinar matahari.

Air hujan

Kandungan pada air hujan seperti zat asam nitrat (HNO3) bisa merusak lapisan cat bodi motor. Hal tersebut dapat diperparah jika kita tinggal di perkotaan dengan polusi udara yang tinggi yang mana kandungan zat asam nitrat lebih tinggi. Kondisi tersebut bisa mempercepat rusaknya lapisan cat sepeda motor serta mempercepat proses korosi pada komponen berbahan logam. Maka dari itu, perlu untuk langsung membilas atau mencuci sepeda motor dengan air bersih setelah terkena air hujan.

Debu

Meski terkesan sepele, debu yang terlalu lama menempel pada bodi akan menurunkan kilap cat bodi motor. Selain itu, debu juga berpotensi membuat goresan halus atau baret yang pada akhirnya akan membuat daya kilap cat berkurang dan membuat motor jadi kurang sedap dipandang. Untuk menghambat waktu pemudaran cat akibat debu, rutinlah mencucinya. Biasakan untuk membilasnya dengan air bersih sebelum membasuhnya dengan kain lap.

Sabun cuci piring

Selain dari proses mencuci yang kurang tepat, penggunaan sabun atau sampo yang kurang tepat juga bisa membuat warna cat bodi motor cepat pudar. Misalnya menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci motor. Sabun atau sampo yang tak diperuntukkan untuk mencuci motor memiliki kandungan kimia yang bisa mempercepat proses pemudaran warna cat. Karena itu, biasakan menggunakan sampo khusus kendaraan jika akan mencuci motor.

Baca juga: Motor Terasa Ketinggian Sampai Bikin Jinjit, Lakukan Hal Ini Supaya Lebih Pendek

Pengeringan yang asal

Jika proses pengeringan dilakukan dengan asal, berpotensi meninggalkan butiran air dan sabun yang bisa menimbulkan noda pada cat bodi motor. Bahkan dapat menimbul bercak-bercak atau berjamur di permukaan cat sepeda motor. Karena itu, pastikan permukaan bodi sepeda motor benar-benar kering termasuk dibagian sela-sela kecil sepeda motor dengan menggunakan kain bersih bertekstur lembut dan mudah menyerap air.

Tumpahan minyak

Tumpahan atau tetesan minyak rem pada bodi berpotensi merusak cat karena sifatnya yang mudah meresap ke permukaan cat. Tak cuma minyak rem, bahan bakar minyak dan thinner juga bisa membuat cat motor rusak. Karena itu, segera lap dengan kain bersih jika permukaan cat sepeda motor terkena minyak atau sejenisnya.

Cat Body Motor Cat Motor Cat Motor Kusam Cat Motor Pudar Info Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas