momotor.id - Pada bagian pembuangan oli mesin motor, terdapat komponen mungil yang perannya cukup vital. Komponen itu adalah ring washer yang biasanya menyertai baut pada bagian pembuangan oli motor.
Ring washer ini cukup vital karena bila sampai tak dipasang akan membuat oli rembes. Seiring waktu pemakaian, ring washer ini juga perlu diganti.
Namun mungkin ada pemilik motor yang masih mencoba mengakalinya dengan menambahkan seal tape. Namun sebenarnya solusi ini tidak tepat.
Lebih baik ganti menggunakan ring washer baru karena harganya cukup murah, sekitar Rp1.000 atau Rp2.000. Jika motor tak menggunakan ring washer pada baut pembuangan oli mesin, justru berpotensi merusak crankcase.
Crankcase ini bisa saja rusak saat sedang mengencangkan baut pada jalur pembuangan oli mesin. Karena tak dilapisi ring washer, crankcase bisa saja retak saat baut sedang dikencangkan.
Adapun bila ring washer sudah ganti baru namun oli mesin motor masih berkurang dalam waktu singkat meski tidak rembes, maka problemnya biasanya karena kondisi ring piston sudah lemah.
Baca juga: Gak Perlu Khawatir Oli Mesin Sudah Encer Saat Diganti, Baru Bermalah Kalau Kondisinya Kayak Gini
Saat ring piston lemah, ada oli yang masuk ke ruang bakar. Dan ini yang menyebabkan volume oli berkurang. Kerusakan ring piston ini sendiri sulit dideteksi. Namun ciri yang paling mudah dikenali ketika komponen ini bermasalah adalah knalpot mengeluarkan asap putih saat rpm tinggi.
Selain ring piston yang sudah lemah, penyebab oli mesin motor berkurang drastis adalah seal atau gasket yang mengalami kebocoran.