momotor.id - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya buka suara mengenai peluang Saluto 125 mengaspal di tanah air. Sayangnya, skutik bertampang retro tersebut disebut tak akan mengaspal di Indonesia.
Saat ini, Yamaha sudah menghadirkan skutik bertampang retro dengan menghadirkan Grand Filano. Sedangkan AHM, tampaknya tak lama lagi akan meluncurkan Honda Stylo.
Suzuki Saluto 125 sebenarnya bermain di segmen yang sama dengan model dari kedua kompetitornya. Sayangnya, PT SIS tak berminat mendatangkan skutik ini ke Indonesia. Yohei Shinozaki selaku Marketing Director Division Head Sales & Marketing 2 Wheels PT SIS, menjelaskan alasan mengapa pihaknya tak akan mendatangkan Saluto 125.
"Mohon maaf, Saluto tidak masuk sini. Saluto itu dibuat khusus pasar Taiwan dari fitur sampai emisinya. Tidak sesuai ke negara lain," ujar Shinozaki.
Selain modelnya yang dinilai kurang cocok untuk pasar Indonesia, alasan lain PT SIS tak memboyong Saluto 125 juga menyangkut faktor harga dan pajak.
Shinozaki menjelaskan, jika pihaknya mengimpir Saluto 125 ke Indonesia, harga jualnya di pasaran bisa Rp60 jutaan hingga Rp70 jutaan. Karena di Taiwan sendiri harganya sudah menyentuh Rp40 jutaan. "Jadi kalau bayar pajak di Bea Cukai Indonesia harganya tambah lagi. Kalau Rp70 juta, nggak ada yang mau beli," paparnya.
Adapun Suzuki Saluto didesain langsung oleh seniman asal Italia, Alessandro Tartarini yang disebut-sebut sebagai salah satu desainer terbaik di dunia.
Secara umum, desain Suzuki Saluto memang mirip dengan desain Vespa yang serba membulat dan minim sudut agresif. Kendati begitu, sentuhan sporty tetap hadir di Saluto melalui desain LED DRL dipadu positioning lamp. Bentuk lampu DRL itu tampak agresif dengan desain menyerupai mata.
Baca juga: Sinyal Kuat AHM Bakal Luncurkan Honda Stylo di Indonesia, Berawal dari Postingan Ini
Desain agresif juga hadir di lampu belakang Saluto. Mengusung bentuk mengotak, lampu belakang Saluto terlihat sporty dengan garis lampu LED, serta desain lampu sein terpisah. Oh iya, lampu depan Saluto juga sudah mengusung LED yang modern.
Dari aspek dapur pacu, Saluto dibekali mesin Suzuki Eco Performance (SEP) terbaru. Mesin 125 cc itu bisa menghasilkan tenaga puncak 8,8 PS di 7.000 rpm dan Torsi maksimal 9,6 Nm pada 6.000 rpm.
Saluto juga telah dibekali remote keyless yang berfungsi untuk menyalakan mesin kendaraan, membuka tutup tangki bahan bakar, serta membuka jok. Sistem keyless Saluto akan aktif ketika remote berjarak 1,5 meter dari kendaraan.