Beberapa Hal yang Menyebabkan Oli Motor Berubah Warna Menjadi Hitam

momotor.id - Oli motor yang berwarna kekuningan menandakan mesin motor masih dalam kondisi baik dan jarak tempuhnya belum begitu banyak. Sedangkan jika oli motor sudah berubah warna menjadi hitam, artinya motor sudah melewati jarak tempuh yang ditentunkan dan sebaiknya segera mengganti oli.

Oli berfungsi mengurangi gaya gesek antara komponen bergerak dan bergesekan di dalam mesin. Oli berperan sebagai lapisan pelindung yang dapat meminimalisir hasil gesekan agar antar komponen tidak cepat aus. Oli motor yang sudah berubah warna menjadi hitam menandakan fungsi pelumas sudah tak lagi optimal.

Tapi ini bukan dikarenakan mesin yang rusak. Oli berubah warna menjadi hitam karena oli turut memiliki peran sebagai pembersih sehingga warnanya pun berubah. Oli berperan membersihkan permukaan dinding silinder dari oksidasi, kerak-kerak yang timbul akibat proses pembakaran, juga untuk pembersihan karbon.

Selain itu, oli motor cepat menghitam juga biasanya dikarenakan mesin yang overheat, yaitu mesin yang terlalu panas. Penyebab overheat ini antara lain setelan kopling motor yang kurang pas sehingga mengakibatkan kopling agak selip dan menyebabkan oli menguap dengan cepat. Atau bisa juga karena adanya clearance atau ruang diantara gap piston dan boring yang terlalu sempit atau longgar.

Baca juga: Beberapa Penyebab Kipas Radiator Motor Mati, Bikin Mesin Cepat Panas

Untuk masalah di atas, solusinya dapat diatasi dengan memasang oil cooler atau OBS (Oil Breathing System) atau juga biasa disebut selang hawa pada mesin motor yang dijual di pasaran dengan banderol sekitar Rp12 ribuan untuk OBS yang biasa. Namun untuk yang kualitasnya bagus dijual sekitar Rp150 ribu hingga Rp550 ribu, tergantung jenis motor dan jenis dari oli cooler itu sendiri.

Sebagai tambahan, pemilik motor juga sebaiknya mengganti filter oli yang sudah gosong sehingga dapat menyaring oli dengan lebih baik. Filter oli tersebut dijual sekitar Rp25 ribu hingga Rp90 ribu. Untuk jangka waktu penggantian oli, minimal bisa dilakukan setiap 1.500 km.

Ganti Oli Motor Info Otomotif Oli Motor Oli Motor Hitam

Rekomendasi Motor Bekas