momotor.id - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah menyematkan fitur Turbo pada NMax generasi terbaru. Lalu, apakah fitur Turbo tersebut juga bakal diterapkan ke model motor Yamaha lainnya?
Saat ini, ada tiga model yang menggunakan basis mesin 155 cc pada kategori Maxi Scooter Yamaha yakni NMax, Aerox, dan Lexi 155.
Nama pertama telah mendapat fitur Turbo. Sedangkan Yamaha Lexi, telah menggunakan mesin 155 cc generasi terbaru. Jadi, ada peluang Aerox menjadi motor terbaru Yamaha yang bisa saja mendapat fitur Turbo seperti NMax.
Apalagi Aerox merupakan model yang memiliki desain cukup sporty, sehingga cocok bila ditambahkan fitur seperti ini. Lantas, apa kata Yamaha mengenai peluang Aerox ditanamkan fitur Turbo?
Menurut Antonius Widiantoro selaku Asst. General Manager Marketing - Public Relation PT YIMM, saat ini pihaknya masih fokus pada NMax karena motor ini cukup viral. Dia mengakui respons pasar cukup positif dengan kehadiran NMax Turbo.
Anton juga tak menutup kemungkinan bila Aerox bisa saja menyusul mendapatkan teknologi YECVT dengan fitur Turbo seperti NMax terbaru. Hal ini akan dipertimbangkan jika ada permintaan dari konsumen.
"Kita pertimbangkan jika ada permintaan dari konsumen. Membuat motor kan tidak hanya dari kemauan Yamaha, tetapi juga ada masukan konsumen," ujar Anton. Adapun Turbo pada Yamaha NMax merujuk pada teknologi terbaru bernama Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT).
Pada YECVT ini, Yamaha menambahkan semacam modul motor listrik penggerak yang tersambung dengan primary pulley atau puli utama pada gearbox CVT.
Fungsinya sebagai pengganti peran roller untuk mengatur rasio putaran puli utama. Jadi, pada Yamaha Turbo, peran roller sudah diganti dengan komponen elektrik.
Untuk mengatur putaran puli ini, bisa dilakukan melalui riding mode yang terdapat pada tombol sebelah kiri setang. Ada dua pilihan mode berkendara yakni T Mode dan S Mode.
T Mode untuk berkendara dalam kota alias commuting mode, dan S Mode untuk membantu akselerasi sehingga lebih terasa tenaga dan sensasi turbonya.
Tiap mode bisa disesuaikan levelnya lewat tombol Y-Shift yang membantu pengendara meningkatkan akselerasi ataupun deselerasi secara instan dalam 3 tingkatan yakni Low (1), Medium (2) dan High (3).
Baca juga: Arti Singkatan NMax, Skutik Gambot Yamaha yang Kabarnya Bakal Meluncur Generasi Terbarunya
Untuk kompenen penggerak YECVT sendiri, terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan juga Gear Reduction Driven yang seluruh komponen tersebut mendapatkan garansi 3 tahun.
Diameter Pully juga di desain lebih besar 10mm, V-belt lebih lebar 0,8mm, dan Spring Secondary lebih panjang 48.7mm serta lebih keras 163 N pada area CVT NMax Turbo sehingga membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif.