Tiga Penyebab yang Bikin Motor Matic Loyo Melahap Tanjakan

momotor.id - Penggunaan motor matic memang sangat praktis karena cukup memutar tuas gas dan menekan tuas rem. Namun di balik kepraktisannya, hal yang sering disorot adalah adanya anggapan motor matic tidak kuat nanjak.

Motor matic yang tidak kuat nanjak sebenarnya bisa disebabkan beberapa hal. Seperti diketahui, sistem transmisi motor matic menggunakan V-Belt. Sementara motor yang menggunakan transmisi manual masih mengandalkan rantai dan gir sehingga tarikan bisa lebih bertenaga. Pun demikian saat motor akan menanjak, akan lebih mudah untuk mengatur kekuatannya dengan mengoper gigi untuk motor manual ataupun bebek.

Selain transmisi, ada juga hal lain yang membuat motor matic jadi nggak kuat nanjak. Berikut penjelasan selengkapnya seperti dilansir detikcom.

Filter udara kotor

Filter udara yang kotor dapat menghalangi asupan udara ke ruang bakar. Kondisi tersebut membuat tarikan mesin berkurang sehingga tidak kuat ketika melintas di tanjakan. Maka dari itu, kamu bisa membersihkannya. Filter udara bisa dibersihkan sendiri dengan menggunakan kompresor. Namun, bila kondisinya sudah tidak layak sebaiknya langsung diganti baru.

Karburator kotor

Karburator yang kotor juga membuat motor matic jadi lemah saat di tanjakan. Sebagai tempat pembakaran bahan bakar, fungsi karburator cukup penting. Karburator yang kotor membuat proses pembakaran kurang optimal, tenaganya pun jadi loyo. Untuk itu, kamu bisa membersihkan karburator dengan melakukan perawatan secara berkala.

Setelan jarum skep tidak tepat

Pemasangan jarum skep yang tidak tepat dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja kendaraan. Motor bisa jadi loyo saat lewat di tanjakan. Untuk itu, kamu bisa melakukan perawatan berkala ke bengkel guna memastikan pemasangannya sudah tepat.

Baca juga: Bearing Motor Sudah Oblak Sebaiknya Segera Ganti Supaya Tak Jadi Begini

Sebagai informasi, motor matic yang sering digunakan dalam kondisi jalan yang menanjak atau menurun biasanya akan membuat kampas ganda menjadi cepat habis. Pada tanjakan, kampas bergesekan dan memakan tapak kampas, alhasil kampas jadi termakan setengah.

Jadi, beralihlah untuk menggunakan rem dan meninggalkan menahan gas motor matic. Penggunaan yang seperti ini membuat kampas bekerja dengan keras dan menyebabkan kampas cepat habis atau habis sebelah.

Filter Udara Motor Matic Info Otomotif Motor Matic Tanjakan V-belt

Rekomendasi Motor Bekas