Motor Listrik Yamaha Neos Curi Perhatian di IIMS 2023, Ternyata Kayak Gini Speknya

momotor.id - Pada pameran IIMS 2023, Yamaha memamerkan beberapa model motor listrik. Dan salah satu model motor listrik yang mencuri perhatian yakni Yamaha Neos.

Dari sisi desain, Yamaha Neos mengusung dimensi kecil nan imut layaknya skutik entry level. Kesan imut pada skutik bertenaga setrum ini terlihat pada perpaduan aksen bulat dan kotak.

Motor listrik Yamaha Neos

Kesan ini dipertegas dengan penggunaan headlamp berpelindung yang desainnya menyerupai mata. Secara dimensi, Yamaha Neos memiliki panjang 1.875 mm, lebar 695 mm, dan tinggi jok 795 mm. Sementara jarak tapaknya 148 mm, jarak sumbu roda 1.305 mm, dan berbobot 98 kg.

Bergeser ke bagian dapur pacu, Yamaha Neos menggunakan motor listrik generasi baru bernama Yamaha Integrated Power Unit atau YIPU 2 yang dibuat secara eksklusif. Pada sistem tersebut, mesin, rem belakang, dan sistem kontrol MCU (Motor Control Unit) terpasang pada swingarm (lengan ayun) belakang.

Tunggangan berdimensi kompak itu menggunakan baterai Lithium-ion/BFM1,51,1 V, 23,2Ah yang memerlukan waktu sejam untuk terisi penuh. Nah, ketika baterai terisi penuh, motor bisa melaju sejauh 72 km, namun kecepatannya harus berada di kisaran 30 km/jam dan bobot pengemudinya 75 kg.

Secara performa, motor listrik yang dipasang di motor ini mampu menghasilkan tenaga 2,3 kW dan torsi maksimum 138,3 Nm. Kendaraan tersebut hanya memiliki bobot 98 kg, termasuk baterai.

Untuk urusan fitur, Yamaha Neos dibekali opsi pemasangan baterai tambahan di ruang bagasinya, charger di konsol boks depan, mode berkendara eco dan normal, konektivitas Y-Connect yang bisa menghubungkan motor ke smartphone, sistem nirkunci pintar, dan masih banyak lagi.

Di Vietnam, Yamaha Neos hadir dalam tiga pilihan warna, yakni hitam, putih, dan biru. Sementara banderolnya mulai 50 juta VND atau sekitar Rp32 jutaan.

Kapan dijual di Indonesia?

Menurut Assistant General Manager Marketing & Public Relation PT YIMM, Antonius Widiantoro, pihaknya menghadirkan Yamaha Neos di IIMS 2023 sebagai bentuk pengelanan sekaligus uji pasar.

Namun kapan Yamaha Neos dijual di Indonesia, pihaknya belum bisa memastikan. "Belum (dijual), nanti akan kita infokan kapan ini masuk Indonesia," kata Anton di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

IIMS 2023 Motor Listrik Motor Listrik Yamaha Yamaha Neos

Rekomendasi Motor Bekas