Yamaha Pamerkan Motor Konsep Bertenaga Listrik E01, Masih Rahasiakan Sistem Baterai

momotor.id - Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memamerkan motor konsep bertenaga listrik yakni E01. Dari sisi desain, motor ini sekilas mirip Yamaha NMax.

Menurut Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relations, YRA and Community YIMM, ada yang mengatakan desain E01 seperti Yamaha NMax. Namun ada juga yang mengatakan lampu bawahnya seperti R1. Ia menuturkan desain Yamaha E01 merupakan karya desainer dari Jepang.

"Ini produksi masih Jepang, dan ini masih dalam konsep. Alasan kami memperkenalkan Yamaha E01 di Indonesia, pertama kami ingin memperlihatkan dan ini baru banget diperkenalkan di Eropa," ujar Anton.

"Yamaha saat ini kita ingin menunjukkan ke masyarakat dan minta pendapat masyarakat, bukan hanya soal listriknya tapi mengenai desainnya juga kami tanyakan," tambahnya.

Mengenai sistem baterai E01, Anton masih enggan mengungkapkannya. Belum diketahui apakah E01 akan menggunakan sistem swap baterai alias tukar baterai. "Soal baterai swap, kita butuh waktu dan melihat respon masyarakat terlebih dahulu. Dan teknologi baterai saat ini terus berkembang. Kita belum tahu apakah menggunakan sistem baterai swap, karena kita lihat dulu respon masyarakat," tuturnya.

Anton kembali menegaskan bahwa kehadiran E01 di Indonesia hanya sebagai edukasi. "Yamaha saat ini ingin menunjukkan ke masyarakat dan minta pendapat masyarakat, bukan hanya soal listriknya. Poinnya bagaimana masyarakat bisa teredukasi soal elektrifikasi, dan ini masih membutuhkan waktu," kata Anton.

Baca juga: Warna Baru Yamaha Nmax, Ada Hijau Doff dan Merah Metallic

Adapun pihak Yamaha tidak menjelaskan seberapa canggih motor listrik tersebut. Namun jika melihat spesifikasi di Eropa, Yamaha E01 memiliki baterai 21.700 lithium ion, dengan memiliki berat 198 lbs. Sayangnya tidak dijelaskan lebih detail berapa jarak tempuh yang bisa dilalui Yamaha E01 dan seberapa kencang tarikannya ketika melaju.

Berita Otomotif Motor Listrik Motor Listrik Yamaha Yamaha E01

Rekomendasi Motor Bekas