Yamaha Segera Tes Pasar Motor Listrik E01 di Indonesia

momotor.id - Pada ajang IIMS Hybrid 2022 lalu, Yamaha sempat memamerkan motor listrik E01. Kini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyatakan siap menggelar tes pasar motor listrik E01 di Indonesia pada semester dua tahun 2022.

Pada tes tersebut, nantinya ada 20 unit motor listrik Yamaha E01 yang disebar ke seluruh Indonesia. Saat ini Yamaha tengah mengurus kesiapan dari unit tes E01 yang akan disebar ke masyarakat. Motor listrik ini, kata pihak Yamaha, dapat dicoba oleh media dan juga konsumen umum.

"Hari ini Yamaha Indonesia secara resmi mengumumkan untuk melakukan test market terhadap E01 di jalanan umum di Indonesia untuk melihat kemampuannya beradaptasi serta mengumpulkan masukan dari konsumen secara langsung," ujar Presiden Direktur PT YIMM, Minoru Morimoto, Jumat (22/4/2022).

Yamaha E01

"Kita mendapat 20 unit dan 20 unit ini kita akan mulai dari semester II (2022). Mudah-mudahan habis lebaran homologasi sudah selesai, sehingga nanti kita bisa segera tes. Kita perkirakan semester II artinya bulan Juli," jelas Dyonisius Beti selaku Executive Vice President Director & COO PT. YIMM

"Dan customer siapa yang dipilih mau coba? Tentu tim Marketing dan PR kita ingin juga memberikan kesempatan kepada wartawan ya untuk tes dan habis itu kita akan pilih konsumen," tambahnya.

Yamaha menegaskan E01 atau kendaraan yang mereka jual secara umum ini adalah dari Yamaha untuk konsumen langsung. Namun mereka juga terbuka untuk instansi pemerintah yang ingin berkolaborasi.

"Yamaha itu tujuannya bukan untuk menjual hanya ke instansi, jual dari B to B tidak. Di Indonesia lebih B to C. Tapi kalau pihak Kemenprin, PLN, Pertamina ingin testing, tentu (kami) welcome sekali untuk bisa kolaborasi,"

Perlu diketahui, program tes pasar skuter listrik E01 ini merupakan program Proof of Concept (PoC) Yamaha. Tak hanya Indonesia, program ini juga dilakukan di Jepang, Eropa, Taiwan, Thailand, hingga Malaysia.

Proof of Concept (PoC) Planner Yamaha Motor, Nomura Yasushi mengatakan, pengujian skuter listrik E01 di enam negara berbeda sengaja dilakukan agar dapat mengetahui berbagai masukan, mengingat setiap wilayah pengujian memiliki karakteristik berbeda-beda, baik dari segi kondisi cuaca, jalan, termasuk juga kebiasaan pengendaranya.

Pada kesempatan berbeda, Nomura mengatakan, dalam pengujian ini akan dites sejauh mana performa baterai, cara penggunaannya, serta pengaruh suhu atau cuaca terhadap baterai.

Baca juga: Perlukah Mencopot Aki Jika Motor Jarang Digunakan? Sebaiknya Sih…

"Misalnya iklim Thailand dan Indonesia tropis, Taiwan subtropis dan iklim di Jepang dan Eropa sedang. Dengan melakukan pengujian PLC (Programable Logic Controller) di iklim berbeda-beda, penelitian kita lebih bisa mendalam," Nkata omura dalam acara Yamaha Motor E01 Product Briefing secara virtual, Kamis (21/4/2022). Tes pasar motor listrik Yamaha E01 ini akan berlangsung selama satu tahun untuk mendapatkan data yang komperhensif terkait perilaku berkendara konsumen Indonesia terhadap E01.

Berita Otomotif Motor Listrik Motor Listrik Yamaha yamaha Yamaha E01 Yamaha Nmax

Rekomendasi Motor Bekas