Ada Motor Listrik yang Desainnya Mirip Vespa, Begini Komentar Bos Piaggio

momotor.id - Saat ini ada beberapa model motor listrik yang memiliki desain mirip Vespa. Lantas, apa kata Piaggio Indonesia mengenai fenomena tersebut?

Contoh motor listrik yang mengusung desain mirip Vespa misalnya seperti Smoot Zuzu maupun Uwinfly T3.

Kemiripan desain Smoot Zuzu dengan Vespa paling terlihat dari desain batok lampu berbentuk kotak. Kemudian lampu sein di bagian depan lengkap dengan aksen dasi yang juga persis kepunyaan Vespa.

Sementara Uwinfly T3, hampir semua bagiannya mirip dengan Vespa. Termasuk lampu LED pada bagian depan dan belakang. Pihak Piaggio Indonesia sendiri sempat memberikan tanggapan mengenai hal tersebut.

Menurut Managing Director & Country CEO Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, merek dan desain Vespa hanya ada satu. Jika ada merek motor lain yang berusaha meniru, menurutnya itu sama sekali tak akan mempengaruhi merek Vespa yang sudah punya ciri khas tersendiri.

"Ketika ada suatu merek berusaha meniru, itu tidak berarti apa-apa. Vespa tetap Vespa yang sudah terlindungi (hak patennya). Hanya ada satu Vespa," kata Marco di Jakarta belum lama ini.

Lalu, bisakah Piaggio Indonesia mengambil tindakan hukum bila ada motor lain yang memiliki desain mirip Vespa? PR Executive Supervisor Piaggio Indonesia, Yolanda Goretty, mengungkapkan bahwa pihaknya tak bisa langsung mengambil tindakan hukum bagi para produsen motor listrik yang memiliki produk motor dengan desain mirip Vespa.

Ini karena ada aturan-aturan tertentu yang bisa dibilang membolehkan suatu brand motor memiliki desain mirip motor Vespa. "Harus kita double cek lagi, karena di legal action-nya, walaupun produk itu serupa, tapi kalau misalkan ada pembedanya, maka produk itu (dianggap) berbeda," kata Yolanda.

Baca juga: Perbedaan Vespa Sprint Standard dan Vespa Sprint S, Pilih Mana?

Sebagai informasi, beberapa model motor listrik yang memiliki desain mirip Vespa ini dibanderol dengan harga yang relatif jauh lebih murah.

Sebagai perbandingan, Smoot Zuzu saat ini dijual seharga Rp19.900.000. Sementara Uwinfly T3 dibanderol sekitar Rp10,5 juta hingga Rp15 jutaan tergantung wilayah distributor.

Sedangkan model Vespa termurah saat ini adalah Vespa LX 125 yang dibanderol Rp44,5 juta.

Motor Listrik Piaggio Smoot Zuzu Uwinfly Vespa

Rekomendasi Motor Bekas