Motor Listrik Honda SC e: Concept Mejeng di IIMS 2024, Desainnya Agak Lain di Bagian Ini

momotor.id - PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan kejutan di IIMS 2024 dengan memamerkan motor listrik SC e: Concept yang disandingkan dengan Honda EM1 e:.

Saat ini, motor listrik Honda SC e: Concept baru sebatas dipamerkan dan tak disebut sudah dijual di Indonesia. Menurut President Director PT AHM, Susumu Mitsuishi, Honda SC e: Concept ini ditampilkan di Indonesia untuk pertama kalinya setelah debut di pameran EICMA dan Japan Mobility Show tahun lalu.

Sama seperti Honda EM1 e:, SC e: Concept juga menggunakan baterai Mobile Power Pack e:. Namun model ini bisa membawa dua baterai yang bisa dilepas pasang sehingga memudahkan sistem swap alias tukar baterai.

Belum ada spesifikasi yang diumumkan terkait motor listrik ini. Namun kemungkinan, SC e: Concept memiliki jarak tempuh yang lebih jauh ketimbang Honda EM1 e:.

Bagian buritan motor listrik Honda SC e: Concept
Bagian buritan motor listrik SC e: Concept

Secara tampilan, desain SC e: Concept memang terlihat futuristik. Body memang lebih gambot ketimbang EM 1 e:, namun tampilan lampunya terlihat modern meski belum terlihat jenis lampu apa yang digunakan.

Bagian kaki-kaki juga cukup kekar dengan memakai ban berukuran gambot di depan dan belakang serta spakbor belakang yang desainnya agak lain. Di bagian swing arm, juga terlihat ada lampu menyala yang membuat tampilannya terkesan lebih modern.

Sebagai informasi, baterai Mobile Power Pack e: (MPP) yang digunakan untuk motor ini juga menawarkan beragam keunggulan. Secara desain, baterai MPP e: memiliki body compact dan didesain khusus untuk dapat dilepas-pasang (detachable). Dan poin menarik dari baterai ini adalah telah dilengkapi Battery Management System (BMS).

Fungsi BMS pada baterai MPP e: mencakup pengaturan pengisian daya, diagnosis, perlindungan dari kondisi abnormal, dan komunikasi data ke sistem eksternal untuk pemantauan, analisis, dan kontrol baterai. Salah satu manfaat utama BMS adalah mencegah overcharge dan overdischarge pada baterai.

Baca juga: Daftar Dealer Khusus Honda e: shop untuk Perawatan Berkala Motor Listrik EM1 e:

AHM mengklaim baterai MPP e: telah lulus uji keamanan standar internasional UN Regulation 136 dari PBB untuk kendaraan listrik. Dengan begitu, baterai ini diklaim tahan lingkungan keras seperti getaran, goncangan, suhu kerja 60◦C hingga -20◦C dan kelembapan. Perlindungan total dari kontak langsung, debu, dan semprotan air sesuai dengan standar IP65 (Ingress Protection) sebagai tingkat ketahanan baterai terhadap lingkungan.

Temukan motor favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang!

AHM Honda Motor Listrik SC e: Concept

Rekomendasi Motor Bekas