Mengenal Cara Kerja Teknologi PGM-FI Pada Motor Honda

momotor.id - Teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI) sempat disematkan pada motor bebek Honda Supra X Helm-in yang saat ini sudah discontinue. Namun hingga kini, teknologi PGM-FI masih digunakan pada motor Honda Supra X 125 FI rakitan terkini.

PGM-FI pada motor Honda merupakan nama yang diberikan untuk sistem injeksi bahan bakar yang dikontrol secara elektronik. PGM-FI berfungsi memasok bensin dalam jumlah yang tepat sesuai jumlah udara yang masuk ke mesin dan menyala pada waktu yang tepat.

Pada sisi lain, perangkat konvensional seperti karburator memasok bensin dalam jumlah yang sesuai berdasarkan volume udara yang disuplai. Namun massa oksigen yang terkandung dalam volume udara tertentu berubah tergantung suhu dan tekanan atmosfer.

PGM-Fi kemudian mendeteksi suhu dan tekanan udara yang dihirup dengan sensor, dan menghitung massa oksigen di udara dengan Electronic Control Unit (ECU). Berdasarkan hal ini, jumlah bensin yang tepat kemudian disuplai ke mesin.

Baca juga: Empat Cara Merawat Jok Motor Supaya Lebih Awet dan Tidak Jadi Keras

Lalu, bagaimana jika motor terjatuh? Ternyata mesin motor langsung mati karena tak mendapat suplai bahan bakar. Hal ini karena sistem injeksi tersebut sudah dilengkapi dengan perangkat yang disebut sensor gyro. Pompa bahan bakar tidak akan beroperasi karena sensor gyro mendeteksi kemiringan bodi kendaraan dan kemudian menghentikan operasi pompa bahan bakar. Karena itu, jika motor jatuh maka mesin mungkin tidak bisa dihidupkan.

Kehadiran sensor tersebut tentu sangat membantu karena pengendara bisa terhindar dari potensi cedera yang lebih serius setelah terjatuh. Bayangkan jika mesin masih hidup dan tak sengaja tangan pengendara masih memegang grip gas, maka ada kemungkinan bisa terseret oleh motor ketika terjatuh. Selain membahayakan diri sendiri, terseret motor setelah terjatuh juga berpotensi membahayakan pengguna jalan lainnya.

Jika mesin tidak langsung hidup setelah jatuh, kunci kontak harus dimatikan satu kali untuk menghidupkan kembali mesin. Dengan menghidupkan lagi kunci kontak, status akan disetel ulang dan dapat menghidupkan mesin.

Honda Supra X 125 Info Otomotif Motor Honda motor injeksi PGM-FI

Rekomendasi Motor Bekas