Yamaha Luncurkan Layanan Penjualan Motor Bekas, di Indonesia Bukan Nih?

momotor.id - Yamaha belum lama ini menghadirkan layanan terbarunya yakni platform yang khusus mewadahi penjualan motor bekas. Namun jangan senang dulu. Layanan ini diluncurkan oleh Yamaha Inggris lewat program Certified Pre-Owned.

Program penjualan motor bekas Yamaha itu dihadirkan guna menghadirkan rasa tenang bagi para pelanggan pabrikan berlogo garpu tala itu ketika akan membeli sepeda motor bekas dengan dana terbatas.

Jika ingin mendapatkan sertifikasi Certified Pre-Owned tersebut, Yamaha menyebutkan akan melakukan semacam prosedur inspeksi dan pengecekan yang nantinya dikeluarkan oleh dealer Yamaha.

"Agar dapat mengikuti program ini, setiap diler harus melakukan pemeriksaan jarak tempuh kendaraan, pemeriksaan apakah ada biaya-biaya yang belum lunas terbayarkan oleh pemilik sebelumnya. Serta, memastikan motor tersebut bukan hasil curian ataupun objek denda asuransi," jelas pihak Yamaha seperti dikutip dari kumparan.

Jika sebuah motor bekas telah lulus dari inspeksi tersebut, maka selanjutnya motor-motor bekas tersebut akan dipasarkan dengan masa garansi selama 12 bulan dan mendapatkan dukungan layanan Yamaha Motor Roadside Assistance.

Baca juga: BBM Beroktan Tinggi Tak Selalu Bagus untuk Mesin, Bisa Berdampak Negatif Jika Kondisinya Seperti Ini

"Melalui program Certified Pre-Owned, kami memberikan solusi one stop shop kepada pelanggan yang ingin mencari motor atau skuter Yamaha bekas yang telah diakui ke setiap jaringan diler resmi Yamaha," ujar Yamaha Motor UK’s Divisional Manager of New Business, Andy Pumfrey.

Andy mengatakan platform tersebut telah dirancang agar memudahkan calon konsumen untuk mencari jenis sepeda motor beserta lokasi penjual, ditambah jaminan kualitas sepeda motor yang ditawarkan membuat calon konsumen tak perlu lagi khawatir.

Tanggapan Yamaha Indonesia

Manager Public Relations, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro menanggapi program Certified Pre-Owned tersebut.

Menurutnya program tersebut cukup bagus, terutama bagi konsumen yang ingin membeli motor bekas namun ingin mengetahui kondisi dan riwayat perawatan yang akan dibeli. "Tentunya akan mempengaruhi harga jual dan juga kepercayaan konsumen yang akan membeli motor tersebut," kata pria yang akrab disapa Anton tersebut.

Ketika disinggung apakah program serupa bakal hadir di Indonesia, Anton memilih menjawab normatif. "Soal itu, sampai saat ini kita belum ada rencana soal program tersebut," jelasnya. Meski begitu, Anton menambahkan, bagi calon konsumen yang tertarik meminang sepeda motor bekas Yamaha dan ingin mengetahui riwayat perawatan motor yang hendak dibeli, dapat memeriksanya melalui aplikasi My Yamaha Motor.

Baca juga: Daftar Barang-barang yang ‘Haram’ Disimpan di Bawah Bagasi Jok Motor

"Aplikasi tersebut untuk melihat history maintenance dan spare part apa yang diganti secara online. Konsumen juga dapat menghubungi dealer Yamaha untuk minta print out historical maintenance/service motornya melalui sistem yang ada di setiap diler," jelasnya. Namun, itu semua dengan catatan bahwa konsumen rutin melakukan perawatan sepeda motornya secara berkala di bengkel resmi Yamaha.

Berita Otomotif motor bekas motor bekas yamaha Motor Yamaha Yamaha Indonesia

Rekomendasi Motor Bekas