Yamaha Uji Coba Teknologi Motor Anti Jatuh di R25, Ternyata Begini Cara Kerjanya

momotor.id - Yamaha diketahui tengah mengembangkan teknologi self balancing pada sepeda motor sehingga tunggangan roda dua itu bisa seimbang sendiri dan anti jatuh.

Teknologi self balancing alias anti jatuh pada sepeda motor yang dikembangkan Yamaha ini bertujuan untuk mengurangi fatalitas kecelakaan karena motor pada tahun 2050.

Teknologi motor anti jatuh ini ini merupakan salah satu komponen dalam Advanced Motorcycle Stabilisation Assist System (AMSAS) Yamaha.

Sebagai informasi, teknologi yang ditanamkan pada R25 ini baru percobaan dan belum akan diluncurkan dalam waktu dekat. Jadi sistem ini masih perlu disempurnakan dan disesuaikan dengan kondisi jalan raya yang lebih ramai.

Tapi jika nanti sistem ini lolos berbagai tes yang sudah disiapkan, Yamaha akan menyematkan teknologi self-balancing ini ke berbagai lini produknya.

Jadi pada dasarnya, teknologi ini membuat motor bisa seimbang di kecepatan yang rendah. Ada dua motor yang bertugas mengendalikan, satu dipasang di setang dan satu di roda depan.

Kedua motor tadi dikendalikan lagi oleh Inertial Measurement Unit (IMU). Jadi secara otomatis, motor diseimbangkan saat berjalan di kecepatan rendah, bahkan saat tes, bisa dilakukan tanpa ada pengendara di atasnya.

Baca juga: Daftar DP dan Cicilan Honda PCX 160 2023: Uang Muka Rp3 Jutaan, Angsuran Rp1 Jutaan

Ketika mau jalan atau berhenti, motor yang ada di roda depan menjaga keseimbangan. Sedangkan saat mulai bergerak di bawah 5 kpj, maka keseimbangannya dibuat oleh motor yang ada di setang.
Jadi teknologi ini harapannya bisa membantu pengendara yang pendek atau yang kesulitan menjaga keseimbangan motor karena bobotnya yang berat saat mau mulai atau berhenti.

Orang dengan keterbatasan fisik juga bisa terbantu. Teknologi ini juga bisa jadi manfaat untuk pengendara yang baru mulai belajar. Jadi mengurangi risiko motor terjatuh di kecepatan rendah.

Motor Yamaha teknologi motor anti jatuh yamaha Yamaha R25

Rekomendasi Motor Bekas