Cara Merawat Rem ABS, Fitur yang Mencegah Roda Terkunci Sehingga Tidak Selip

momotor.id - Beberapa model motor kekinian banyak yang sudah disematkan fitur pengereman anti-lock braking system (ABS). Bahkan motor di kisaran harga Rp20 jutaan seperti Yamaha FreeGo, sudah disematkan fitur ini. Bagi pemilik motor yang motornya sudah dilengkapi fitur tersebut, tentu tak ada salahnya mengetahui bagaimana cara merawat sistem rem ABS agar kinerjanya tetap optimal.

Sistem pengereman ABS berfungsi untuk mencegah roda terkunci dan selip sehingga mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Menurut Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers area Sumatera Selatan dan Bengkulu, ABS terdapat di sistem pengereman hidrolik (disc brake).

Cara kerjanya sendiri, fitur ini mendeteksi sensor pada roda depan dan belakang, jika ada pengurangan kecepatan secara tiba-tiba karena pengereman mendadak, sistem ABS akan mengurangi tekanan pada sistem rem.

Baca juga: Jangan Biasakan Tangki Bensin Kosong, Ini Dampak Negatifnya Buat Motor

Ini dapat mencegah kemungkinan roda terkunci, dan pengendara dapat menjaga kestabilan atau keseimbangan motor. Lalu apakah ada cara khusus dalam rangka merawat rem ABS? Menurut Muslian, pemilik motor perlu melakukan perawatan, supaya fungsinya selalu optimal, dan menjaga kinerja sistem pengereman ABS. Berikut cara merawat rem ABS pada motor.

  • Pemilik motor harus secara rutin, melakukan penggantian minyak rem yang dianjurkan oleh pabrikan.
  • Selalu cek ketinggian minyak rem, dan periksa apakah terdapat kebocoran atau tidak.
  • Ketika akan melakukan pengisian atau penambahan minyak rem, lakukan proses bleeding (pembuangan angin pada sistem rem).
  • Perhatikan lampu indikator saat kunci kontak diputar ke posisi On. Bila lampu tidak menyala, ada indikasi kerusakan. Selanjutnya ketika motor berjalan, dan indikator ABS berkedip, maka ada masalah pada sistem pengereman ABS.
  • Lakukan pemeriksaan kampas rem setiap kelipatan 3.000 km. Bila kondisi sudah aus atau tipis, segera lakukan penggantian karena akan membuat kemampuan pengereman tidak optimal, serta akan membuat piringan cakram menjadi aus karena gesekan berlebih.
  • Saat melakukan penggantian kampas rem, periksa juga kondisi kaliper dan cakram rem bersihkan dari debu, tanah, minyak serta kotoran lain yang menempel pada komponen tersebut, pastikan kondisinya tidak goyang atau bergetar karena dapat menyebabkan cepat aus.
  • Rutin cek kondisi selang rem, jika ada masalah seperti retak, bocor, hingga tertekuk, maka akan berimbas kepada sistem pengereman yang tidak maksimal.

Info Otomotif Perawatan Rem ABS Motor Rem ABS Rem ABS Motor Rem Cakram rem motor

Rekomendasi Motor Bekas