Empat Cara Merawat Jok Motor Supaya Lebih Awet dan Tidak Jadi Keras

momotor.id - Faktor kenyamanan pada sebuah motor turut dipengaruhi oleh jok yang terpasang. Jok motor sendiri terdiri dari beberapa bahan seperti kulit asli, sintetis, atau calp spon. Apapun jenisnya, pemilik motor sebaiknya mengetahui apa saja yang perlu dilakukan dalam rangka merawat jok motor agar tampilannya tetap awet.

Jok motor yang bagus dan terawat menjadi satu nilai plus bagi pengendara motor karena dapat membuat nyaman si pengendara dan membuat motor terlihat seperti baru. Jadi hal apakah yang harus dilakukan untuk menjaga estetika jok motor? Berikut empat tips yang bisa dilakukan dalam rangka merawat jok motor.

Bersihkan noda membandel

Terkadang walaupun sudah mencoba untuk sebisa mungkin tidak membiarkan jok motor kotor, tetapi ada saja momen ketika jok motor menjadi kotor karena terkena noda membandel yang cukup sulit dibersihkan seperti lem, getah, bekas stiker, dan sebagainya.

Untuk masalah noda membandel ini, ada solusi mudah dan murah untuk dilakukan. Pemilik motor hanya perlu menyiapkan kain bersih yang bertekstur lembut dan masih kering, juga sediakan minyak tanah. Cara membersihkan noda membandel tersebut adalah dengan menuangkan sedikit saja minyak tanah pada kain kering, lalu gosokkan pada noda membandel di jok motor. Setelah itu, cuci jok motor untuk menghilangkan bau minyak tanahnya.

Atur muatan jok motor

Jika sering membawa muatan di jok motor, kamu harus mulai lebih memperhatikan barang yang kamu bawa ya agar jok motormu tidak rusak dengan cepat. Jika terpaksa mengangkut benda-benda yang memiliki tekstur kasar atau tajam ada baiknya lapisi dulu jok motor dengan kardus yang sedikit tebal atau plastik, hal ini dilakukan agar menghindarkan jok motor tertusuk dan akhirnya berlubang.

Baca juga: Ini Sebabnya Kenapa Harga Ban Vulkanisir Lebih Murah Ketimbang Ban Orisinal

Tutupi jok ketika parkir cukup lama

Ketika memarkirkan motor dalam waktu yang cukup lama, entah di ruang terbuka atau di rumah sendiri, sebaiknya lapisi jok dengan cover jok. Bila di luar ruangan, cover jok berguna agar jok tak basah terkena air hujan atau menjadi panas karena sengat matahari. Cover jok juga membuat jok terhindar dari cakaran hewan peliharaan seperti kucing yang biasanya suka mengasah kukunya di jok motor.

Jangan terlalu sering kena air

Penyebab busa jok menjadi keras lantaran terlalu sering terkena air. Air bisa merembes ke busa jok dari kulit jok yang jelek, robek, atau dari jahitan pada kulit jok. Itu sebabnya, gunakan kulit jok yang masih bisa menahan air. Atau jika menggunakan cover jok, gunakan cover yang waterproof.

Info Otomotif jok motor Jok Motor Kulit Merawat Jok Motor Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas