Fitur TCS Membantu Banget Supaya Ban Motor Tidak Selip, Simak Cara Merawatnya

momotor.id - Beberapa model motor kekinian ada yang sudah dilengkapi fitur Traction Control System atau biasa disebut TCS. Salah satu model yang berbekal fitur ini adalah All New Yamaha Nmax 155 Connected ABS. Bagi yang memiliki motor dengan fitur ini, tak ada salahnya mengetahui cara merawat fitur TCS agar kinerjanya tetap optimal.

Fungsi pada fitur TCS memang sebaiknya diperiksa secara rutin. Menurut Yamaha Indonesia, hal ini karena TCS memanfaatkan perangkat speed sensor yang terletak di bagian roda depan dan belakang (dekat kaliper rem) sehingga pemilik motor harus rajin membersihkan area kaki-kaki motor dari debu dan kotoran yang menempel.

"Selain itu, berkendara secara hati-hati dan hindari benturan yang dapat merusak perangkat speed sensor," tulis Yamaha. Mengecek secara berkala dalam rangka merawat fitur TCS pada sepeda motor bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa indikasi. Indikasi pertama, cek lampu indikator. Jika lampu indikator TCS di layar speedometer terus menyala, ada kemungkinan perangkat TCS pada motor mengalami malfungsi.

Indikasi pengecekan yang kedua dengan cara mengaktifkan fitur TCS, lalu posisikan motor dengan standard tengah (main stand) lalu mainkan putaran gas.

Jika TCS berfungsi normal, saat pemilik motor memainkan putaran gas maka putaran roda belakang akan tersendat. Tapi jika TCS mengalami malfungsi, maka putaran roda belakang tidak akan tersendat saat gas dimainkan.

Baca juga: Supaya Ban Motor Tak Kehilangan Traksi, Simak 4 Tips Berikut

Jika fitur TCS pada motor mengalami malfungsi dengan beberapa indikasi seperti yang dijabarkan di atas, maka sebaiknya pemilik motor segara membawa motornya ke bengkel resmi terdekat untuk mendapat pengecekan lebih lanjut.

Sebagai informasi, fitur TCS berperan menjaga ban agar tidak kehilangan traksi saat berakselerasi di permukaan jalan yang licin atau berpasir. Ketika sensor membaca kecepatan ban belakang lebih tinggi dari ban depan yang berpotensi menyebabkan selip, sensor TCS akan otomatis mengurangi tenaga dan memotong putaran mesin. Hasilnya, pengendara motor lebih aman dan meminimalisir potensi terjatuh ketika berakselerasi di jalan yang memiliki permukaan licin atau berpasir.

Fitur TCS Motor Tips Otomotif Traction Control System Yamaha Nmax

Rekomendasi Motor Bekas