Lakukan Empat Hal Ini Guna Merawat Tombol Electric Starter Motor

momotor.id - Ukuran komponen ini cukup mungil namun sangat membantu pengendara ketika menghidupkan motor. Seperti komponen lainnya, ada baiknya pemilik motor turut merawat tombol electric starter agar bisa tetap berfungsi optimal.

Tombol electric starter memudahkan pengendara menghidupkan motor hanya dengan menarik tuas rem dan dilanjutkan dengan menekan tombol ini (pada motor matic). Aktivitas ini tentu jauh lebih mudah ketimbang harus menggenjot kick starter.

Meski begitu, lama penggunaan tombol starter biasanya dapat membuat electric starter rewel atau ngadat sehingga tidak dapat berjalan sesuai fungsinya. Ketika tombol starter ditekan, mesin tidak mau menyala atau motor berbunyi tetapi mesin tidak hidup. Lalu, apa saja yang harus dilakukan dalam rangka merawat tombol electric starter motor? Berikut penjelasan selengkapnya.

Rutin bersihkan bagian starter

Merawat tombol electric starter motor bisa dilakukan dengan membersihkan bagian konektor rangkaian starter motor yang biasanya memiliki kotoran atau kerak.

Bagian ini bisa dibersihkan dengan melepas soket yang biasanya berwarna merah yang mengarah pada tombol starter. Bersihkan menggunakan cairan penetran dengan cara menyemprotkan cairan penetran pada konektor rangkaian motor starter.

Selain itu bersihkan juga tombol starter yang biasanya terdapat kerak yang menempel di sana karena lamanya pemakaian. Caranya, buka terlebih dahulu dudukan tombol starter dengan menggunakan obeng plus, lalu gunakan amplas halus untuk menggosok bagian konektornya.

Cek switch tuas rem pada motor matic

Bagi pengguna motor matic, perlu menarik tuas rem supaya tombol electric starter berfungsi. Ini karena adanya switch atau saklar pada tuas rem. Jika mesin tak mau menyala ketika menekan tombol starter, coba cek kondisi switch tersebut dengan cara men-jumper menggunakan kabel.

Setelah di-jumper sembari menekan tombol starter tetapi motor tetap tidak berputar, maka bisa diindikasikan jika switch pada tuas rem tersebut sudah rusak. Maka mau tidak mau kamu harus menggantinya.

Sesekali gunakan kick starter

Memanfaatkan kick starter bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk merawat electric starter motor. Hal ini bisa dilakukan pada pagi hari saat akan memanasi mesin motor atau saat akan memakai motor setelah lama tidak digunakan yang memerlukan sumber tenaga yang besar.

Memanfaatkan kick starter bertujuan untuk mengurangi intensitas penggunaan electric starter supaya dinamo starter tidak turun kualitasnya akibat terus dipacu untuk bekerja.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Kiprok dan Fungsinya Pada Kelistrikan Sepeda Motor

Rutin service motor

Selain hal-hal di atas, tips merawat tombol starter yang terakhir yaitu dengan melakukan service secara rutin. Karena saat service motor, maka mekanik akan memeriksa seluruh bagian motor termasuk pada kelistrikan. Kondisi electric starter bisa diperiksa dan diperbaiki atau menggantinya jika memang terjadi masalah.

Electric Starter Info Otomotif Kick Starter Starter Motor Tombol Electric Starter

Rekomendasi Motor Bekas