Mengenal Perbedaan Balap Motor WSBK dan MotoGP

momotor.id - Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan motor bergengsi kelas dunia, yaitu World Superbike (WSBK) dan MotoGP. WSBK akan diadakan pada tanggal 19 November 2021 mendatang di sirkuit Mandalika, sedangkan MotoGP dijadwalkan berlangsung pada Maret 2022. Kedua kejuaraan ini diatur oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FMM). Meskipun tampak mirip, WSBK dan MotoGP memiliki sejumlah perbedaan. Berikut hal-hal yang menjadi pembeda antara WSbk dan MotoGP.

Awal Mula Kejuaraan

Letak perbedaan paling utama berasal dari sejarahnya. MotoGP pertama kali diadakan pada tahun 1949 di Eropa. Awal mulanya, MotoGP dikenal dengan nama FIM Road Racing Championship Grand Prix. World Superbike (WSBK) pertama kali diadakan pada tahun 1988 di Amerika Serikat, selisih 39 tahun semenjak awal MotoGP diadakan.

Jenis Motor yang Digunakan

Motor yang diguanakan pada WSBK dan MotoGP sepintas terlihat mirip. Meskipun demikian, jenis motor yang digunakan berbeda. MotoGP menggunakan seri motor yang tidak diproduksi massal. Contoh dari motor yang digunakan adalah Honda RC213-V, Yamaha YZR-M1, dll. Selain itu, motor pada MotoGP diklaim menggunakan bahan berteknologi tinggi seperti serat karbon, titanium, dan magnesium agar lebih ringan.

Berbeda dengan MotoGP, WSBK menggunakan motor hasil modifikasi dari kendaraan yang diproduksi massal. Motor-motor tersebut kemudian dimodifikasi sedemikian rupa agar optimal digunakan untuk balap. Contoh dari motor yang digunakan pada WSBK adalah Yamaha R1, Honda CBR1000RR, Kawasaki ZX-10R, dll.

Dari segi bobot minimum, berat motor yang digunakan pada WSBK lebih berat dibanding dengan MotoGP. Untuk bobot minimum motor MotoGP sebesar 157kg. Berat minimum motor yang digunakan untuk WSBK adalah

Baca Juga: Spesifikasi Honda CB150X, Motor Sport Adventure Berbanderol Rp30 Jutaan

Perbedaan Mesin Motor WSBK dan MotoGP

Tidak hanya sekedar jenis motor, mesin yang digunakan oleh motor WSBK dan MotoGP juga berbeda. Untuk motor MotoGP, kapasitas mesin dibatasi sampai dengan 1000cc dengan 4 silinder. Tenaga mesin dibatasi sampai 260dk. Sementara itu, mesin motor WSBK berkisar antara 750 - 1000cc dengan 3 sampai 4 silinder.

Kelengkapan Unit Kontrol Mesin (ECU)

Salah satu perbedaan dari motor World Superbike dan MotoGP terletak pada unit kontrol mesin (ECU). Sejak tahun 2016, semua motor yang digunakan dalam MotoGP harus dilengkapi dengan ECU dan perangkat lunak yang terstandarisasi. Hal ini guna menjaga persaingan dalam kompetisi tetap adil. Sementara pada WSBK, penggunaan ECU tidak diwajibkan. Tim yang berkompetisi bebas untuk menggunakan ECU dan perangkat lunak pada motor.

Perbedaan Musim Kompetisi

Dari segi musim kompetisi, WSBK memiliki musim lebih singkat dibandingkan dengan MotoGP. WSBK memiliki 13 putaran internasional yang berlangsung mulai dari pertengahan bulan Februari sampai dengan bulan Oktober. Adapun MotoGP memiliki 19 putaran internasional, berlangsung mulai bulan Maret hingga bulan November.

balap motor MotoGP Perbedaan WSBK dan MotoGP WSBK

Rekomendasi Motor Bekas