Awal Mula Ditemukannya Zebra Cross, Warna Pertamanya Bukan Hitam Putih

momotor.id - Setiap pengguna jalan mungkin sudah familiar dengan zebra cross yang identik dengan warna hitam putih. Namun, mengapa warna yang dipilih untuk zebra cross adalah hitam putih?

Zebra cross menyimpan sejarah panjang hingga kemudian digunakan sebagai salah satu marka jalan. Di Indonesia, marka yang identik sebagai tanda bagi pejalan kaki untuk menyebrang jalan ini disebut sebagai zebra cross.

Namun di sejumlah negara, marka ini mendapat nama lain. Misalnya ada yang menyebutnya sebagai panda cross di sejumlah negara Eropa. Menurut penjelasan dari laman historicengland dan smithsonianmag, zebra cross baru ditemukan pada tahun 1951.

Dan kota pertama yang menggunakan marka garis penyebrangan ini adalah Slough, Berkshire, Inggris. Marka ini digunakan setelah pemerintah kota setempat melihat angka kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki terus meningkat.

Sebagai bentuk perlindungan, pemerintah setempat membuat penanda yang mengharuskan kendaraan bermotor mengurangi kecepatan atau berhenti sejenak ketika ada pejalan kaki yang hendak melintas.

Awalnya, warna zebra cross bukan hitam putih melainkan biru kuning. Namun kombinasi warna ini terlihat kurang jelas pada kondisi tertentu. Itu sebabnya, dipilih warna lain yang dinilai lebih kontras.

Bentuk zebra cross yang ideal memang baru ditemukan pada tahun 1951. Namun sebenarnya, konsepnya sudah ada sejak tahun 1930an. Saat itu, tempat penyebrangan ditandai dengan keberadaan tiang besi di kiri dan kanan jalan. Pengguna kendaraan yang melihat tiang-tiang tersebut, harus mengurangi kecepatan.

Nama zebra cross sendiri pertama kali diusulkan pemerintah kota di Inggris. Tak diketahui pasti kapan dan siapa sosok yang mengusulkannya. Sedangkan nama panda cross resmi dipakai di Inggris pada tahun 1962.

Baca juga: Apa Jadinya Jika Moge Minum Bahan Bakar Beroktan Rendah?

Adapun seiring perkembangan zaman, zebra cross tak selalu mengadopsi tampilan standar hitam putih. Pada beberapa kota, marka tanda penyebrangan pejalan kaki itu dibuat dengan visual yang memikat mata.

Misalnya seperti bentuk bebatuan, ular, jembatan, tangga, atau guratan lainnya yang menampilkan nuansa seni kekinian. Di Jakarta, marka zebra cross telah dilengkapi dengan lampu jalan dan ada timer yang menandakan kapan pejalan kaki diperbolehkan menyebrang.

hitam putih jalan pejalan kaki zebra cross

Rekomendasi Motor Bekas