Selain Gunakan Cairan Antifog, Cara Ini Juga Bisa Mencegah Kaca Helm Berembun

momotor.id - Salah satu faktor yang perlu diperhatikan ketika mengendarai motor saat cuaca hujan adalah potensi terjadinya embun pada kaca helm. Kaca helm yang berembun sangat mengganggu visibilitas. Itu sebabnya banyak pengendara mencari cara bagaimana mencegah kaca helm supaya tidak berembun.

Sebelum membahas bagaimana cara mencegah kaca helm agar tidak berembun, perlu diketahui kaca helm yang berembun terjadi karena suhu di dalam helm lebih tinggi dibandingkan suhu di luar helm sehingga udara tidak dapat lagi menahan semua uap air. Akibatnya, uap air akan lebih banyak dan berubah menjadi embun.

Bagi sebagian besar pengendara motor, mungkin merasa kesulitan mengatasi permasalahan ini lantaran harus fokus mengendara. Nah, sebelum kaca helm menjadi berembun, setidaknya ada empat hal yang bisa dilakukan pemilik motor dalam rangka mencegah hal itu terjadi. Berikut tips selengkapnya seperti dilansir laman Astra Motor.

Gunakan cairan antifog

Menggunakan cairan antifog bisa menjadi salah satu cara mencegah kaca helm berembun. Cairan ini tersedia dalam dua bentuk pemakaian yakni ada yang oles dan ada juga yang spray. Sistem cairan ini sama seperti menggunakan sabun.

Saat menggunakan yang bentuk oles, kamu hanya perlu mengoleskan di sekitar kaca helm. Sedangkan model spray, kamu hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut ke bagian luar dan dalam kaca helm lalu bersihkan dengan lap atau tisu kering. Harga cairan antifog ini cukup bervariasi mulai dari Rp15 ribu hingga Rp100 ribu.

Gunakan kaca antifog

Jika kamu tidak mau repot-repot menggunakan cairan antifog, opsi lainnya bisa langsung menggunakan kaca antifognya. Cara ini dibilang menjadi cara yang paling efektif untuk mengatasi kaca helm berembun, yang mana kaca ini bekerja dengan cara menjaga suhu udara pada ruang antar kaca dengan pinlock tetap stabil. Hal ini mengakibatkan embun terjadi hanya di luar area yang tidak tertutup kaca antifog.

Pastikan sirkulasi udara helm terbuka

Biasanya, helm memiliki sirkulasi udara. Karena itu, pastikan semua lubang sirkulasi udara dalam helm terbuka agar perbedaan suhu udara di dalam dan di luar tidak terlalu jauh. Kamu juga bisa membuka celah dengan sedikit membuka visor helm. Namun kelemahan menggunakan opsi ini, air hujan mungkin bisa masuk saat sedang berkendara.

Gunakan perlengkapan harian

Jika tidak mau banyak mengeluarkan uang, kamu bisa menggunakan perlengkapan sehari-hari seperti sabun pencuci piring, shampoo bayi, krim pencukur, atau pasta gigi.

Baca juga: Bukan Karena Kurang Bagus, Ini Sebabnya Ban Baru Terasa Licin Ketika Pertama Kali Digunakan

Dari perlengkapan sehari-hari tersebut, kamu bisa mencoba memilih salah satu untuk mengatasi kaca helm yang berembun. Caranya cukup mudah, hanya perlu mengoleskan bahan tersebut di bagian kaca luar dan dalam menggunakan kain halus dan gosokkan secara merata. Setelah itu, diamkan sampai kering lalu gosok kembali bagian yang sudah digosok sebelumnya dengan lap lain yang kering.

Antifog Kaca Helm Helm Motor Kaca Helm Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas