Perlukah Copot Aki Motor Selama Ditinggal Mudik Lebaran? Tergantung Sih, Kalo…

momotor.id - Salah satu pertanyaan calon pemudik adalah perlu atau tidak mencopot aki pada motor kesayangannya yang ditinggal di rumah selama pergi mudik.

Masyarakat diimbau tidak menggunakan motor saat mudik. Alternatifnya, bisa menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus, atau moda lainnya.

Dengan begitu, motor akan ditinggal di rumah untuk waktu yang cukup lama. Pertanyaannya, apakah perlu mencabut aki pada motor yang ditinggal lama di rumah selama mudik Lebaran 2023 nanti?

Ternyata, perlu atau tidaknya aki dicabut tergantung dari lamanya mudik. Jika berencana mudik hingga hitungan bulanan, maka sebaiknya aki dilepas. Namun bila hanya seminggu atau 2 minggu, maka aki tak perlu dicabut.

Alasan mengapa perlu mencopot aki bila hendak ditinggal lama saat pergi mudik karena terkait komponen kelistrikan. Meski mesin dalam keadaan mati, komponen kelistrikan pada motor masih bisa menyedot arus aki maupun baterai.

Jika berlangsung lama, aki bisa soak. Nah, untuk melepas kabel aki ini dan memasangnya kembali, pemilik motor perlu mengetahui langkah-langkahnya agar tidak keliru. Berikut tahapan mencopot dan memasang aki motor.

  • Mulailah melepas kabel konektor kutub negatif. Hal ini penting untuk menghindari kerusakan di bagian kelistrikan motor. Melepas kabel konektor kutub positif lebih dulu berisiko menimbulkan korsleting, yang akhirnya malah merusak banyak komponen.
  • Secara penampakan, pemilik motor bisa membedakan kutub negatif dan kutub positif pada aki dengan mudah. Sebab biasanya, kutub positif ditutup karet merah.
  • Ketika hendak memasangnya kembali, lakukan langkah yang berlawanan. Pasang kabel positif pertama kali sebelum memasang kabel negatif.

Adapun tips lain guna menjaga aki motor tidak soak jika motor jarang digunakan adalah rutin memanaskannya setiap hari. Memanaskan motor cukup penting karena aki lebih mudah mendapatkan daya listrik dan menyimpannya. Sehingga kelak bisa digunakan sebagai tenaga untuk menyalakan mesin.

Baca juga: Mengapa Kawasaki Tak Mau Jual Motor Matic di Indonesia?

Namun jika mencopot aki dirasa cukup ribet dan tak bisa memanaskan motor setiap hari karena akan pergi dalam waktu yang cukup lama (seperti mudik misalnya), maka solusi lainnya adalah bisa menitipkan motor ke kerabat dekat guna membantu memanaskan mesin motor. Jadi, ketika akan digunakan kembali, motor tetap berfungsi normal karena setiap hari dipanaskan.

Aki Motor Lebaran 2023 Mudik 2023

Rekomendasi Motor Bekas