Cara Membedakan Oli Palsu dan Asli, Perhatikan Ini Selain Soal Harga

momotor.id - Cara membedakan oli palsu dan asli rasanya perlu diketahui oleh pemilik sepeda motor. Hal ini agar pemilik motor tidak tertipu ketika membeli oli untuk kendaraan kesayangannya.

Menggunakan oli palsu bisa menimbulkan efek negatif bagi mesin kendaraan. Sebab, kualitas yang diberikan tak sesuai dengan oli rekomendasi pabrikan.

Dian Hardiana selaku Area Sales Supervisor Retail Region 3 PT Pertamina Lubricants, pernah memberikan tips bagaimana cara membedakan oli asli dengan yang palsu. Biasanya, oli yang dipalsukan adalah brand oli yang laris di pasaran.

Lalu, bagaimana cara membedakan oli palsu dan asli? Menurut Dian, hal pertama adalah jangan tergiur dengan oli yang dibanderol dengan harga murah. Kemudian, pastikan membeli oli di bengkel yang direkomendasikan.

Sedangkan dari fisik oli itu sendiri, konsumen harus jeli melihat tampilan oli. Biasanya oli palsu memiliki tampilan fisik yang lebih menarik ketimbang oli asli. Padahal kualitasnya belum tentu sebagus kemasannya.

Identifikasi juga bisa dilakukan konsumen dengan mengecek base number atau nomor registrasi yang tercetak di kemasan oli. Hal ini paling mudah untuk mengetahui oli atau pelumas tersebut benar asli atau hasil pemalsuan.

"Biasa ada di tutup botol atau leher botol. Base number itu kita produksi pakai laser, dia pasti simetris, berurutan dan rapi. Yang palsu biasanya bolong, nggak rata, dan nggak simetris," terangnya.

Dia menambahkan, pelumas Pertamina Lubricants juga sudah dilengkapi dengan QR Code yang dipasang pada bagian tertentu kemasan. Pengaplikasian QR Code ini tentu tak dapat dipalsukan.

Baca juga: Benarkah Motor Listrik Bikin Kesetrum Bila Terendam Banjir? Ahlinya Bilang Begini

"Kalau di kita, biasanya nomor QR Code-nya random. Beda kalau palsu, biasanya nomornya cenderung sama karena hasil printing," jelasnya.

Teknologi QR Code ini juga diterapkan oleh Federal Oil untuk membantu konsumen memastikan apakah oli yang dibelinya produk asli atau palsu.

Konsumen yang membeli bisa scan barcode oli lewat smartphone dan akan terhubung ke web Federal Oil. Dengan begitu, konsumen maupun pemilik bengkel bisa melakukan verifikasi mandiri mengenai produk oli Federal Oil yang mereka beli apakah asli atau palsu.

Ganti Oli oli asli Oli Motor oli palsu sepeda motor

Rekomendasi Motor Bekas