Beli Aki Baru Jangan Langsung Dipasang ke Motor, Lakukan Ini Dulu Supaya Gak Begini

momotor.id - Membeli aku baru merupakan solusi yang tepat bagi motor yang aki lamanya sudah ngadat. Namun setelah membeli aki baru, sebaiknya jangan langsung dipasang. Loh, kenapa memangnya?

Baik aki kering atau basah, sebaiknya jangan langsung dipasang ke motor meski membelinya dalam kondisi baru. Saran ini tentu cukup mengundang pertanyaan. Barang baru kok tak boleh langsung digunakan?

Penjelasannya, ternyata hal ini terkait jangka waktu penyimpanan aki tersebut di toko tempat membeli. Pembeli mungkin tak tahu pasti sudah seberapa lama aki tersebut tersimpan di toko hingga laku terjual.

Dengan kondisi tersebut, ada kemungkinan pengisian listriknya sudah berkurang alias mengalami penurunan. Itu sebabnya, aki yang baru dibeli sebaiknya diisi ulang dulu sebelum digunakan.

Pengisian ulang aki ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi dari aki itu sendiri dan yang utama, yaitu mengisi ulang listriknya.

Setelah mengetahui bahwa pengisian aki sudah terisi penuh, barulah aki yang baru tersebut bisa dipasang ke sepeda motor.

Baca juga: Enam Hal yang Perlu Dicek untuk Memastikan Keaslian Oli Motor: Bukan Hanya Warna dan Baunya

Apa efeknya mengisi ulang aki baru terlebih dahulu?

Pengisian ulang aki sebelum digunakan memiliki dua tujuan. Selain mengecek kondisi aki, mengisi ulang listrik juga bisa membuat masa pakai aki lebih tahan lama.

Apabila aki yang kondisinya sudah buruk kemudian langsung dipasang, dalam artian langsung dibebankan permintaan listrik yang banyak, hal ini akan membuat aki menjadi gampang rusak dan masa pakainya hanya sebentar.

Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa pengisian awal aki yang masih baru itu memberikan pengaruh terhadap kinerja aki yang kemudian mempengaruhi juga durasi masa pakai aki tersebut.

aki baru aki basah aki kering Aki Motor

Rekomendasi Motor Bekas