Baru Tau! Ternyata Beberapa Lampu Merah di Jakarta Sudah Pakai AI Buat Urai Kemacetan

momotor.id - Lampu merah di beberapa titik persimpangan jalan di wilayah DKI Jakarta ternyata telah menggunakan artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan. Seperti apa cara kerjanya?

Saat terjadi kemacetan di persimpangan jalan, biasanya terlihat petugas berwenang melakukan pengaturan lalu lintas guna mengurai kepadatan.

Seiring kemajuan teknologi, kini lampu lalu lintas atau biasa disebut lampu merah juga mendapat sentuhan AI. Lampu lalu lintas yang dibekali teknologi AI ini merupakan bagian dari sistem pemantauan lalu lintas bernama Network Operation Centre (NOC) Intelligent Traffic Light System (ITS).

Sistem ini sendiri sudah digunakan sejak April 2023. Menurut Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, sistem AI pada lampu merah ini cukup membantu memperlancar lalu lintas di persimpangan jalan.

Sistem ini terpantau menunjukkan efisiensi dari sisi pengurangan kendaraan di sekitar 20 titik persimpangan yang dipasang.

"Ini untuk mempermudah pantauan kemacetan dan memperlancar lalu lintas, sehingga terpantau terdapat efisiensi (pengurangan antrean) sekitar 20 persen," ujar Pj. Gubernur Heru dalam keterangan tertulisnya.

Terkait cara kerjanya, Heru menjelaskan sistem tersebut akan mengidentifikasi kemacetan di titik tertentu dengan memanfaatkan teknologi AI. Nantinya, lampu merah tersebut bisa dilakukan intervensi dalam upaya mengurangi kemacetan.

"Sistemnya dihitung berdasarkan kepadatan (lalu lintas), kalau sedang padat maka lampu hijaunya dipercepat dan sebaliknya," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menjelaskan bahwa pihaknya biasanya melakukan pengaturan lampu lalu lintas secara manual dengan turun langsung ke lapangan sebelum penggunaan AI.

Kini, pihaknya tak perlu lagi melakukan itu karena sistem AI akan secara otomatis mendeteksi tingkat kepadatan lalu lintas di persimpangan.

Baca juga: Mengenal Fungsi Penting Bearing Pada Motor, Bakal Timbul Gejala Ini Bila Sudah Rusak

"Saat ini dengan teknologi AI, maka sistem akan melakukan identifikasi langsung secara real time, berapa waktu (lampu) hijau yang dibutuhkan untuk setiap titik persimpangan agar kendaraan yang melintas dalam periode waktu tertentu keseluruhannya bisa melintas," kata Syafrin.

Penerapan teknologi AI, ujar Syafrin, berpengaruh memantau dan melakukan pengaturan waktu lampu lalu lintas berdasarkan informasi basis data internal Google.

AI Jakarta lampu merah

Rekomendasi Motor Bekas