momotor.id - Fitur Malfunction Indicator Lamp (MIL) bisa memberikan beragam informasi terkait kesehatan sepeda motor. Indikator yang berada di panel instrumen ini akan menginformasikan kepada pengendara jika ada kerusakan pada sistem injeksi melalui kedipan nyala lampu MIL yang terletak di speedometer/meter kombinasi. Jika melihat lampu indikator menyala atau berkedip, itu pertanda ada yang tak beres pada motor tersebut.
Sistem tersebut bekerja berdasarkan informasi dari ECM. Saat lampu MIL menyala selama dua detik, ECM akan mendeteksi sistem injeksi, apakah ada kerusakan atau tidak. Dalam kondisi normal, saat kunci kontak diputar ke posisi ON maka lampu indikator MIL akan menyala sekitar dua detik dan akan mati kembali.
Tapi jika ECM menemukan kerusakan atau sesuatu yang tidak normal pada sistem injeksi, maka lampu indikator MIL pada motor akan terus menyala. Pada motor keluaran Honda dengan sistem PGMFI terbaru (PCX 150, ADV 150 dan sebagainya) lampu indikator akan terus menyala. Sedangkan pada motor Honda dengan sistem PGMFI lama, lamou MIL akan berkedip selama motor belum diperbaiki.
Sebagai informasi, kode kedipan MIL akan terus tersimpan di dalam memori ECM dan akan menyala setiap kali sepeda motor dihidupkan dan belum dilakukan perbaikan. Cara mengetahui kerusakan yang terjadi yaitu dengan menghitung kedipan lampu MIL. Lampu MIL mempunyai 2 macam kedipan yaitu:
- Kedipan panjang (berlangsung selama 1,3 detik). Satu kedipan panjang ekuivalen dengan sepuluh kedipan pendek.
- Kedipan pendek (berlangsung selama 0.3 detik). Satu kedipan pendek ekuivalen dengan satu kedipan.
Contoh: Satu kedipan panjang diikuti dengan dua kedipan pendek, maka dibaca 12 kali kedipan (satu kedipan panjang = 10 kedipan, ditambah dua kedipan pendek).
Baca juga: Begini Teknik yang Aman Jatuh dari Motor Supaya Tak Cedera Parah
Nah, jika sudah memahami cara membaca kode kedipan lampu MIL, berikut beberapa kode MIL yang menandakan informasi pada rangkaian sistem injeksi motor Honda.
No | Jumlah Kedipan | Keterangan |
1 | 1 kali | Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) |
2 | 7 kali | Sensor EOT (Engine Oil Temperature)/ECT (Engine Coolant Temperature) |
3 | 8 kali | Sensor TP (Throttle Position) |
4 | 9 kali | Sensor IAT (Intake Air Temperature) |
5 | 11 kali | Sensor VS (Vehicle Speed) |
6 | 12 kali | Injektor |
7 | 21 kali | Sensor Oksigen (O2) |
8 | 29 kali | Rangkaian IACV (Intake Air Control Valve) |
9 | 33 kali | ECM (Engine Control Module) |
10 | 52 kali | Sensor CKP (Crankshaft Position) |
11 | 54 kali | Sensor BAS (Bank Angle Sensor) |
12 | 67 kali | Front Wheel Speed Sensor (PCX 160) |
13 | 86 kali | Speedometer (PCX 160) |
14 | 91 kali | Coil Ignition primary circuit malfunction (PCX 150, ADV 150,PCX 160) |