Baru Aja Ganti, Tapi Lampu Indikator Oli Masih Nyala Terus, Apa Sebabnya?

momotor.id - Ganti oli merupakan salah satu bentuk perawatan rutin pada motor. Bila rutin ganti oli, lampu indikator biasanya tak akan menyala.

Pada model motor kekinian, telah dilengkapi fitur lampu indikator oli yang memberi notifikasi jika oli sudah perlu diganti. Namun dalam beberapa kasus, lampu indikator oli ini ada yang terus menyala meski baru saja ganti oli.

Lalu, apa yang menyebabkan hal tersebut? Penyebabnya biasanya bisa karena dua hal. Pertama, adanya kerusakan sensor suhu pada motor dan perlu diganti. Sensor suhu ini bisa mempengaruhi indikator yang tersaji pada layar speedometer.

Bila ini masalahnya, maka penanganannya cukup mudah. Pemilik motor bisa mengganti sensor suhunya. Harga sensor suhu juga relatif terjangkau yakni sekitar Rp30 ribuan bila membelinya di bengkel resmi. Proses pemasangannya juga relatif ringkas.

Sedangkan penyebab lainnya, bisa karena kelalaian mekanik saat motor diservis. Setelah ganti oli, mekanik perlu melakukan reset. Bila tidak direset, maka indikator oli ini akan menyala kembali.

Indikator ganti oli pada motor menggunakan kalkukasi berdasarkan jarak tempuh untuk menentukan kapan waktu penggantian selanjutnya. Jika jarak tempuh sudah tercapai, indikator akan menyala dan menjadi notifikasi bahwa sudah waktunya ganti oli motor.

Baca juga: Tiga Penyebab yang Bikin Oli Mesin Motor Bocor, Jangan Dicuekin

Adapun fungsi utama oli adalah melumasi komponen mesin motor agar gesekan yang dihasilkan mesin tidak terhambat. Oli sendiri juga berperan sebagai pengatur suhu dalam mesin.

Saat terjadi pembakaran di dalam silinder mesin, oli dapat menetralkan suhu, baik ketika suhu mesin tinggi maupun rendah. Namun seiring berjalannya waktu pemakaian, jumlah oli dalam mesin terus berkurang.

Perlu diketahui, kurangnya oli pada sepeda motor bisa menyebabkan kerusakan pada sistem mesin. Masalah yang timbul saat mesin kekurangan oli adalah piston tidak dapat bergerak karena tidak ada yang melumasinya lagi.

Jika oli di bawah batas normal dan mesin masih digunakan, kotoran dari proses pembakaran akan berjatuhan pada dinding blok silinder dan kerak juga akan melekat pada pinggiran piston.

Akibatnya, tenaga yang dihasilkan tidak dapat maksimal. Lebih parahnya lagi, mesin motor bisa mati sehingga perlu turun mesin untuk melakukan perbaikan mesin. Tentu biayanya tidak sedikit.

Ganti Oli lampu indikator oli Oli Mesin Oli Motor

Rekomendasi Motor Bekas