Rekomendasi Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor, Ada yang Dipasang di Roda dan Tuas Gas

momotor.id - Pabrikan sepeda motor biasanya sudah memberikan fitur keamanan standar pada produknya. Namun ada baiknya, pemilik motor juga membawa kunci pengaman tambahan sebagai antisipasi.

Fitur keamanan standar yang paling umum ditemui pada motor-motor terkini adalah penutup lubang kunci bermagnet. Dengan fitur ini, harapannya motor lebih aman karena tak bisa langsung mengakses lubang kunci.

Namun fitur tersebut nyatanya juga sudah bisa dibobol oleh orang tak bertanggung jawab. Sehingga ada baiknya, motor yang masih menggunakan fitur keamanan standar ditambahkan kunci pengaman tambahan.

Saat ini, ada beberapa bentuk kunci pengaman tambahan yang bisa digunakan pada motor. Berikut ulasan selengkapnya.

Kunci rantai

Pernah melihat jenis rantai pengunci yang bisa dipasang di roda sepeda? Kunci rantai tersebut juga bisa digunakan untuk mengamankan motor. Sebaiknya, pilih bahan yang kuat agar tidak mudah dirusak oleh pencuri.

Gembok

Gembok biasa juga bisa digunakan untuk mengunci motor pada bagian cakram depan. Adanya gembok ini akan membuat roda tersendat dan tak bisa berputar.

Kunci cakram

Memiliki fungsi seperti gembok, namun bentuk kunci cakram lebih praktis dan cenderung lebih kuat. Karena kunci cakram biasanya dilengkapi mekanisme penguncian yang sulit dibobol.

Baut dan mur

Baut dan mur ini juga bisa mengunci cakram depan bila disambungkan. Untuk membuka memang lebih ribet karena harus menggunakan kunci pas atau ring yang sesuai.

Griplock

Tak seperti kunci pengaman lainnya, griplock dipasang pada bagian tuas gas atau handgrip motor yang terdapat tuas kopling. Bila bagian ini dikunci, maka motor tak bisa dijalankan meski kunci kontak berhasil dibobol.

Baca juga: Gak Normal! Lampu Check Engine Motor Terus Menyala, Coba Cek Lima Komponen Ini

Nah, itu dia rekomendasi kunci pengaman tuas tambahan untuk motor. Mengenai harganya, beberapa model kunci pengaman ini boleh dibilang cukup terjangkau. Selamat mencoba!

griplock kunci cakram Kunci Motor kunci pengaman

Rekomendasi Motor Bekas