Mengenal Komponen Suspensi Depan Sepeda Motor, Jangan Salah!

momotor.id - Sepeda motor dapat yang Anda gunakan dapat memberikan rasa nyaman dan aman ketika berkendara merupakan gabungan kinerja dari beragam komponen yang saling bersinergi. 

Salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam hal kenyamanan dan keamanan berkendara adalah suspensi. Suspensi memiliki fungsi utama untuk meredam getaran ketika melewati jalan yang tidak rata. 

Suspensi juga berperan dalam menjaga keseimbangan saat melakukan pengereman dan menjaga stabilitas saat melewati tikungan. Dengan demikian, pengendara motor dapat merasakan kenyamanan dan keamanan yang lebih saat berkendara. Berikut komponen suspensi depan pada motor.

Baca Juga : Sistem Suspensi Motor Terdiri dari Berbagai Komponen, Apa Saja Itu?

Garpu Depan (Fork)

Fork menghubungkan roda depan dengan rangka motor, menopang dan menggerakkan roda dengan stabilitas. Terdiri dari dua pipa yang melindungi shock absorber dan pegas, fork juga memungkinkan pengaturan ketinggian dan kekakuan suspensi untuk kenyamanan berkendara di berbagai kondisi jalan.

Silinder Garpu

Selanjutnya ada komponen silinder garpu yang memiliki fungsi sebagai tempat dari semua komponen shockbreaker depan. Selain itu komponen ini juga berfungsi sebagai wadah dari minyak oli shockbreaker

Shock Absorber

Merupakan sebuah komponen hidrolik yang berfungsi untuk meredam getaran dan guncangan dari roda depan, komponen ini terdiri dari piston, tabung, dan oli shock yang bekerjasama untuk mengontrol pergerak suspensi. Selain itu komponen ini juga dapat disetel sesuai kebutuhan pengendara. 

Seal Oli

Berfungsi untuk mencegah oli dari shock absorber keluar dari silinder garpu. Meskipun jarang mengalami kerusakan, namun sebagai pengendara melakukan perawatan merupakan sesuatu yang patut untuk dilakukan untuk memperpanjang umur seal oil.

Seal Debu

Selain seal untuk oli, terdapat juga seal untuk debu yang memiliki fungsi untuk melindungi garpu agar tidak kemasukan debu atau kotoran. Karena debu yang masuk kebagian suspensi dapat membuat tabung garpu menjadi aus dan baret. 

Per (Spring)

Komponen pegas ini memiliki peran untuk menopang bobot motor serta penumpang. Pegas atau per akan menyesuaikan keempukan dan penyerapan goncangan sesuai dengan berat beban. Biasanya komponen ini terbuat dari baja atau material sintetsi seperti serat karbon.

Tabung Garpu

Komponen ini berfungsi untuk membuat sekat atau jarak antara silinder garpu dan ruang yang ada di dalam tabung garpu tersebut.

Torak Garpu

Selanjutnya Torak Garpu yang memiliki fungsi untuk membagi ruang bawah dan atas pada torak garpu. Hal ini bertujuan agar oli shockbreaker dapat pindah dari ruang bawah ke ruang atasnya pada torak garpu.

Segitiga (Triple Tree)

Komponen ini memiliki fungsi untuk menghubungkan garpu depan dengan rangka sepeda motor, biasanya komponen ini berbahan dasar alumunium atau baja. Selain itu komponen ini memungkinkan untuk pengendara mengatur posisi dan sudut kemudi sesuai dengan keinginannya. 

Pegas Garpu

Fungsi dari komponen adalah mengendalikan gerakan torak ke arah atas. Selain itu, juga bertugas meredam getaran saat roda melewati permukaan jalan yang berlubang.

Baut Garpu

Seperti namanya, komponen ini berfungsi untuk menutup lubang di atas torak garpu, sehingga oli tidak akan keluar dari shockbreaker.

Cincin Stopper

Terakhir ada komponen cincin stopper yang berfungsi untuk menahan oli shcok tidak bergerak ke atas ketika terjadi tekanan.

Berikut ulasan mengenai komponen pada suspensi depan sepeda motor. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah wawasan Anda dalam dunia otomotif, khususnya sepeda motor. 

Baca Juga : Tips Jitu Sebelum Membeli Motor Matic Baru, Jangan Salah!

Kunjungi momotor.id untuk mendapatkan penawaran menarik mengenai trade in, motor baru, motor bekas, hingga electric vehicle. Nikmati kemudahan dan keuntungan tanpa ribet melalui aplikasi adiraku

Info Otomotif Suspensi Depan Suspensi Motor Tips and Trick Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas