Berikut Komponen Rem Cakram Motor Serta Fungsinya, Jangan Keliru!

momotor.id - Sepeda motor yang biasa kita gunakan sehari-hari dapat berfungsi dengan sempurna karena kinerja dari berbagai komponen. Salah satu komponen penting pada sepeda motor adalah rem. 

Salah satu rem yang digunakan pada sepeda motor adalah rem cakram yang merupakan bagian yang sangat penting dari sistem pengereman sepeda motor. Rem cakram adalah sistem pengereman yang menggunakan cakram berputar yang terhubung dengan roda sepeda motor.

Teknologi ini memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan rem drum tradisional, karena cakram memiliki permukaan lebih besar untuk pengereman. Hal ini memungkinkan pengendara untuk menghentikan sepeda motor dengan lebih cepat dan lebih akurat, terutama dalam kondisi darurat.

Perlu diketahui bahwa rem cakram yang ada pada sepeda motor memiliki beberapa komponen di dalamnya yang membuat dapat berfungsi dengan maksimal. Setiap komponen memiliki fungsi yang berbeda-beda, berikut penjelasan singkat mengenai komponen pada rem cakram sepeda motor.

Baca Juga : Mengenal Fungsi, Cara Kerja dan Komponen Rem Tromol Sepeda Motor

Piringan Cakram

Sesuai dengan namanya, piringan cakram ini berbentuk lingkaran yang terbuat dari baja yang dilengkapi dengan lubang-lubang kecil yang berfungsi untuk mengurangi panas yang diakibatkan oleh pengereman. 

Komponen ini memiliki fungsi sebagai media penekanan yang dilakukan oleh kampas rem. Proses penekanan ini akan menimbulkan gaya gesek antara cakram dan roda, yang nantinya akan memperlambat laju kendaraan. 

Kampas Rem

Selanjutnya ada kampas rem, komponen ini merupakan salah satu komponen terpenting dalam sistem pengereman, karena kampas rem memiliki fungsi untuk menekan piringan cakram sehingga menimbulkan gaya gesek. Gaya gesek inilah yang nantinya akan memperlambat laju kendaraan.

Komponen ini dapat menipis dan habis, hal ini dapat dirasakan ketika melakukan pengereman tenaga yang dihasilkan berkurang. Selain itu kampas rem yang tidak rata juga dapat memengaruhi pengereman tidak maksimal. 

Brake Caliper

Brake Clipper memiliki fungsi untuk mengubah tekanan hidrolik dari piston menjadi energi gerak berupa tekanan. Komponen ini terbagi menjadi dua jenis yaitu floating caliper dan fixed caliper. Perbedaannya hanya dari jumlah piston, floating caliper hanya satu piston sedangkan fixed caliper terdapat dua piston.

Selang Hidrolik

Selanjutnya ada selang hidrolik yang memiliki fungsi mengalirkan minyak, minyak ini akan memengaruhi tekanan yang dihasilkan sehingga kita sebagai pengendara harus memastikan bahwa minyak yang dialirkan sudah sesuai.

Disc Brake Oil Reservoir

Disc brake oil reservoir merupakan salah satu komponen yang berbentuk tabung, komponen ini memiliki fungsi sebagai penyimpanan cairan fluida cadangan. Cairan ini biasanya dalam bentuk cairan minyak. 

Booster Rem

Booster rem pada rem cakram memiliki fungsi untuk melipat gandakan daya tekan ketia melakukan pengereman sehingga motor dapat berhenti perlahan dengan maksimal. Selain itu komponen ini juga dapat meringankan daya tekan tanpa mengurangi daya pengereman.

Piston

Piston pada rem cakram berbeda dengan piston pada mesin, komponen ini memiliki fungsi untuk menekan kampas rem sehingga kampas rem dapat menjepit cakram secara emrata, dan pengereman terjadi dengan maksimal. 

Piston Seal

Selanjutnya ada piston seal, komponen ini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran pada minyak rem pada caliper. Selain itu seal pada rem cakram ini juga berfungsi untuk mencegah debu masuk ke sistem hidraulik ketika rem bekerja. 

Caliper Bracket

Sesuai dengan namanya, komponen ini memiliki fungsi sebagai pemegang caliper rem sehingga tidak bergerak. Sehingga caliper dapat digunakan pada piringan yang memiliki diameter yang lebih besar.

Niple Bleed

Niple bleed merupakan salah satu komponen yang tidak boleh ketinggalan karena memiliki fungsi untuk membuang kandungan udara yang ada di dalam sistem hidraulik pada rem motor. Udara yang terjebak dalam sistem hidraulik ini akan menyebabkan tenaga pengereman tidak maksimal.

Baca Juga : JP Industries Rilis Lima Helm Baru: Usung Desain Modern dan Gunakan Bahan Karbon, Berapa Duit?

Berikut ulasan mengenai komponen pada rem cakram sepeda motor, semoga dengan adanya ulasan ini dapat meningkatkan wawasan anda dalam dunia otomotif khususnya sepeda motor. Kunjungi momotor.id untuk mendapatkan penawaran menarik mengenai trade in, motor baru, motor bekas, hingga electric vehicle.

Info Otomotif Komponen Rem Cakram Rem Cakram Tips and Trick Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas