Bukan Cuma Rangka, Ini Komponen Motor yang Juga Rawan Berkarat

momotor.id - Rangka eSAF Honda belakangan ini tengah mendapat banyak sorotan karena dinilai rawan karatan hingga keropos. Namun sebenarnya, bukan hanya bagian rangka motor yang rawan berkarat.

Komponen pada motor yang juga rawan berkarat selain rangka adalah standar tengah alias standar dua. Bila karatannya sudah parah dan keropos, standar tengah ini bahkan bisa patah.

Selain standar tengah, standar samping juga rawan mengalami hal serupa. Ini karena posisi keduanya berada di bagian bawah sehingga memang rawan terkena lumpur maupun kotoran lainnya selama dalam perjalanan.

Bila tak rutin dibersihkan, komponen ini lama kelamaan bisa karaatan dan kemudian keropos. Solusinya, memang harus lebih rutin membersihkan motor bila dirasa banyak kotoran yang menempel.

Komponen lainnya yang juga rawan berkarat adalah knalpot, tepatnya di bagian leher pada blok mesin hingga ujung pembuangan. Bagian ini tetap rentan berkarat meski sudah dilapisi menggunakan krom.

Jangan biarkan knalpot kotor dalam waktu lama setelah berkendara dalam kondisi hujan.Ini untuk mencegah lapisan pelindung pada knalpot tersebut tergerus yang membuat besi alami korosi atau karat.

Komponen berikutnya yang rawan berkarat adalah swingarm alias lengan ayun. Komponen yang berfungsi menopang bodi motor, terletak di bawah sehingga sering terkena cipratan air hujan campur pasir dan lumpur yang dapat menyebabkan karat.

Karena itu, sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan di beberapa bagian swingarm seperti sambungan dan bushing setiap selesai berkendara dalam kondisi hujan.

Baca juga: Saran Motor Enthusiast Supaya Rangka eSAF Honda Gak Gampang Keropos: Bongkar Body Bagian Bawah Kalo Sudah…

Adapun selain genangan air yang membawa mineral serta kotoran, penyebab lainnya yang bisa mengakibatkan motor berkarat adalah sering berkendara di sekitar laut.

Meski tak terkena air laut secara langsung, udara di laut yang mengandung garam akan tertiup ke daratan sehingga bisa membuat beberapa komponen motor mengalami korosi.

motor berkarat rangka motor standar dua standar tengah swingarm

Rekomendasi Motor Bekas