Empat Keunggulan Menggunakan Knalpot Motor Standar Pabrikan, Nomor Empat Jarang yang Tau

momotor.id - Salah satu komponen motor yang kerap menjadi sasaran modifikasi adalah knalpot. Namun sebenarnya, menggunakan knalpot standar motor bawaan pabrikan juga memiliki beberapa keunggulan.

Alasan pemilik motor mengganti knalpot motor standar bawaan pabrikan cukup beragam. Ada yang ingin kelihatan lebih sporty, atau ada juga yang ingin meningkatkan performa motornya.

Meski begitu, knalpot standar motor tentunya juga memiliki beberapa keunggulan. Hal ini karena tiap pabrikan pasti sudah melakukan riset ketika mengembangkan sebuah produk.

Lalu, apa saja keunggulan menggunakan knalpot standar pabrikan motor? Berikut penjelasan selengkapnya seperti dikutip dari laman resmi Wahana Honda.

Emisi gas buang sesuai standar

Knalpot standart telah disesuaikan dengan konstruksi mesin motor itu sendiri dengan melalui berbagai riset dan uji coba. Selain itu, knalpot standar pabrikan juga memiliki nilai gas buang yang telah diukur dan sesuai dengan standart minimal sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara berlebih.

Tingkat kebisingan knalpot sesuai peraturan

Tingkat kebisingan yang ada pada knalpot standart sudah teregulasi dan lulus uji kebisingan sehingga tidak menimbulkan suara terlalu keras dan mengganggu lingkungan sekitar.

Garansi motor tidak gugur

Memodifikasi knalpot adalah salah satu tindakan yang bisa menggugurkan garansi sepeda motor. Dengan tidak memodifikasi bagian motor yang tidak disarankan, pemilik sepeda motor bisa memanfaat garansi tersebut jika terjadi masalah atau kerusakan pada sepeda motor selama masa garansi yang ditetapkan.

Baca juga: Cek Berkala Komponen-komponen Ini Supaya Motor Gak Sering Jajan di Bengkel

Punya lubang kecil untuk keluar air

Salah satu kelebihan yang dimiliki knalpot standart juga ada pada lubang kecil di bagian terbawah knalpot. Lubang kecil itu berfungsi untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam knalpot sehingga knalpot tidak menyimpan air dan sirkulasi menjadi lebih baik.

Nah, itu dia empat keunggulan menggunakan knalpot standar bawaan pabrikan. Untuk penggunaan sehari-hari, rasanya knalpot standar ini sudah cukup untuk mendukung kebutuhan mobilitas pengguna ketika menjalani aktivitas.

Perlu diingat juga, perawatan dan pemeriksaan seluruh komponen sepeda motor yang dilakukan secara rutin akan membuat kinerjanya tetap optimal.

Info Otomotif Knalpot Motor knalpot pabrikan knalpot racing knalpot standar

Rekomendasi Motor Bekas