momotor.id - Astra Honda Motor (AHM) sudah merilis motor listrik bernama EM1 e:. Sedangkan Yamaha, sedang menguji coba E01. Lalu, mengapa Suzuki belum pernah memamerkan model motor listrik di Indonesia?
Menurut Yohei Shinozaki selaku Marketing Director Division Head Sales & Marketing 2 Wheels PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), pada dasarnya pihaknya sudah memiliki rencana mengenai motor listrik.
Bahkan Suzuki sebenarnya sudah memiliki produknya. Namun hingga kini masih belum bisa ditentukan kapan bakal masuk ke Indonesia. Sebagai informasi, pada ajang Japan Mobility Show 2023, Suzuki pertama kali memamerkan motor listrik bernama e-Burgman.
Namun menurut Shinozaki, motor tersebut juga belum dirilis secara resmi ke pasaran. Dan pada tahun ini, PT SIS juga belum berencana memperkenalkan model motor listriknya untuk pasar Indonesia.
Ini cukup berbeda dengan model kendaraan roda empat mereka yang sudah lebih dulu mengadopsi teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). "Belum (elektrifikasi). Tapi kami tahun ini akan ada satu produk baru lagi," ujar Shinozaki.
Hal yang sama juga diungkapkan M Razwankaizar selaku Section Head Domestic & Digital Marketing 2W PT SIS. Menurutnya pihaknya saat ini masih fokus membangkitkan geliat produk motor Suzuki di pasar Indonesia.
Artinya, SIS masih fokus dengan produk yang sudah ada. "Untuk motor listrik memang belum ada rencana, dari prinsipal juga belum membicarakan produk yang lain. Kita fokus dengan produk yang ada untuk kualitas," kata Razwankaizar.
Adapun sebelumnya, pihak SIS mengungkapkan pihaknya merasakan adanya peningkatan penjualan pada model skutiknya. Menurut Teuku Agha selaku 2W Sales & Marketing Department Head PT SIS, produk mayoritas Suzuki memang model sport. Namun justru permintaan paling besar tahun lalu yang diterima pihaknya adalah model skutik.
Agha mengungkapkan, model skutik Suzuki yang laris di pasaran sepanjang tahun lalu adalah Nex Series yakni Nex II dan Nex Crossover. Persentase penjualannya mencapai 50 persen. Sedangkan penjualan model sport hanya 30 persen.
Meningkatnya penjualan model skutik sepanjang tahun 2023 membuat Suzuki tak lagi identik dengan model beraliran sport seperti Satria F150 FI maupun Suzuki GSX S-150 atau GSX-R150. Sementara pasar Suzuki sebenarnya membidik segmen motor sport atau motor kopling.
Dengan pencapaian penjualan tahun lalu, pihak Suzuki mengakui sudah mulai terjadi pergeseran karena pasar Indonesia lebih menyukai motor matic yang relatif lebih praktis.