momotor.id - Kampas kopling ganda pada motor matic memiliki peran sebagai penghubung mesin dengan roda belakang. Ada beberapa gejala yang bisa dirasakan jika kampas kopling ganda sudah mulai aus.
Ada dua komponen yang digunakan pada kampas kopling ganda. Pertama adalah kopling sentrifugal yang berada pada poros engkol sebagai kopling primer. Kedua adalah kopling sekunder yang berada di samping transmisi.
Fungsi kopling primer adalah memutuskan putaran mesin saat RPM mesin berada di posisi rendah. Fungsi kampas kopling ganda bagian primer lainnya juga menghubungkan RPM mesin saat di angka tertinggi.
Efeknya adalah motor akan tetap diam saat posisi masuk dan mesin telah menyala. Fungsi bagian sekunder sendiri adalah memutuskan putaran mesin saat terjadi perpindahan gigi. Tanpa kedua komponen ini, maka roda tidak berputar dan motor tidak bisa jalan.
Jika kampas kopling ganda mulai aus atau mengalami kerusakan, maka ada beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh pemilik motor yakni:
Bergetar saat menambah kecepatan
Gejala awal yang bisa dirasakan adalah motor terasa bergetar ketika mulai meningkatkan kecepatan. Getaran ini tentu akan terasa tidak nyaman karena cukup mengganggu.
Suara aneh di sekitar CVT
Gejala kedua yang bisa dirasakan adalah munculnya suara aneh pada area CVT. CVT berfungsi untuk meneruskan putaran yang telah dihasilkan mesin motor. Ketika komponen kopling ganda sudah aus, maka suara aneh akan mulai terdengar.
Akselerasi awal jadi berat
Bila akselerasi motor menjadi berat, artinya kopling ganda sudah benar-benar aus bahkan hampir hangus. Sangat berbahaya ketika mulai tercium bau terbakar pada area CVT karena menjadi tanda kopling ganda tidak akan bekerja lagi.
Baca juga: Boleh Cobain, Ini Tips Supaya Motor Matic Jarang Minum BBM
Adapun kerusakan yang paling umum terjadi pada kampas kopling ganda motor adalah masalah keausan karena komponen ini juga memiliki masa pakai.
Jika membiarkan kampas kopling ganda yang sudah aus digunakan terus menerus, maka efeknya bisa ada dua. Pertama, tarikan motor tidak kencang seperti biasanya. Kedua, masalah overheat yang membuat kerusakan pada bagian pembakaran dan pembuangan.
Temukan motor favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang!