momotor.id - Pengguna sepeda motor mungkin pernah melihat model cakram depan yang tidak rata alias bergelombang. Model ini biasa disebut petal disc dan memiliki beberapa perbedaan dibanding cakram biasa pada sepeda motor.
Perbedaan antara petal disc dan cakram biasa untuk sepeda motor bukan hanya dari sisi tampilan saja. Desain petal disc yang dibuat bergelombang memiliki tujuan tertentu.
Contoh motor yang menggunakan petal disc pada roda depannya adalah Suzuki Satria 150 dan Suzuki GSX-150 series. Lalu, apa saja kelebihan petal disc ini dibanding cakram biasa? Berikut penjelasan selengkapnya.
Lebih banyak menarik udara
Bentuk bergelombang pada petal disc mampu menarik udara lebih banyak amsuk ke dalam kaliper piston rem. Ini membuat proses pendinginan lebih cepat pada permukaan cakram yang terkena gesekan.
Permukaan cakram sendiri merupakan bagian terluar yang paling banyak menerima tekanan panas berlebih. Terutama bila sering melakukan pengereman dengan durasi yang cukup lama.
Bobot lebih ringan
Secara bobot, petal disc lebih ringan dibanding cakram biasa dengan ukuran diameter yang sama.
Pengereman mirip ABS
Feel pengereman petal disc mirip seperti fitur ABS. Ini karena area permukaan disc punya desain bergelombang. Hal tersebut menyebabkan kanvas menerima gesekan area cakram yang luas dan berganti bergesekan dengan area yang lebih kecil karena bentuk gelombang tadi.
Ketika pengereman momen gesekan ini terjadi berulang-ulang, efek yang dirasakan akan sangat mirip dengan seperti sistem kerja rem ABS.
Baca juga: Spesifikasi Vespa 946 Dragon yang Mengaspal di Indonesia, Harganya Setara Daihatsu Xenia
Desain lebih keren
Seperti disebutkan di atas, yang paling terlihat perbedaannya antara petal disc dan cakram biasa adalah dari sisi desainnya. Pada poin ini, tampilan petal disc relatif lebih keren karena tidak monoton seperti cakram biasa.
Temukan motor favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang!