momotor.id - Sebagian besar motor-motor baru keluaran terkini rata-rata sudah memakai ban tubeless. Model ban ini memang memiliki beberapa keunggulan dibanding ban biasa yang masih memakai ban dalam. Meski memiliki kelebihan, ban tubeless juga punya kekurangan yang perlu diketahui pengendara motor.
Tak seperti ban biasa, ban tubeless tak perlu menggunakan ban dalam agar bisa dioperasikan. Ban tubeless telah didesain sedemikian rupa agar dapat terisi angin tanpa harus menggunakan ban dalam. Biasanya ban tubeless dan velg ada dalam satu paket alias bertipe tubeless juga. Ada satu pelindung dan seal antara velg dan ban untuk mencegah angin dari dalam ban untuk keluar.
Lalu, apa saja kelebihan ban tubeless? Berikut beberapa kelebihan ban tubeless:
- Tidak mudah bocor dan kehilangan angin karena memiliki desain lebih kuat.
- Lebih mudah ditambal jika bocor karena tak menggunakan ban dalam.
- Punya sistem yang baik untuk menjaga tekanan udara ban.
Sedangkan kekurangannya, ban tubeless memiliki pelindung atau seal yang berguna untuk mencegah udara keluar dari ban. Seiring masa pemakaian, seal bisa rusak sehingga menyebabkan ban tubeless tiba-tiba berkurang tekanan udaranya meski tak ada kebocoran. Jika seal sudah rusak, maka harus mengganti ban tubeless dengan yang baru. Oh ya, selain seal yang rusak, ban tubeless juga tak bisa optimal kinerjanya jika digunakan pada velg non tubeless. Penggunaan ban tubeless pada velg non tubeless akan membuat udara keluar dari sisi-sisi velg.
Baca juga: Tiga Hal yang Bikin Motor Hobi Mogok Pas Hujan, Coba Cek Komponen Ini
Adapun selain mengetahui kelebihan dan kekurangan ban tubeless, pemilik motor juga perlu mengetahui cara merawat ban tubeless. Bagi pengguna ban tubeless dianjurkan menggunakan gas nitrogen karena berguna untuk mengurangi panas yang dihasilkan saat ban digunakan dalam waktu yang lama dan kecepatan tinggi. Hal ini berguna untuk mencegah kerusakan yang akan terjadi pada ban tubeless. Selain itu dibandingkan dengan menggunakan angina biasa, gas nitrogen bisa lebih bertahan lama dalam hal menjaga tekanan.