Kampas Kopling Motor Skutik Akan Cepat Aus Akibat Kebiasaan Ini

momotor.id - Sebagian besar masyarakat memilih memakai motor skuter matik / skutik untuk berpergian sehari-hari. Selain nyaman, motor skutik juga mudah untuk dikendarai. Cara pengoperasian motor skutik cukup mudah karena pengendara tidak perlu menarik kopling atau menukar gigi. Meskipun demikian, motor skutik juga memiliki kopling dalam sistem CVTnya. Seperti komponen motor lainnya, kampas kopling pada motor skutik memiliki usia pakai, dan akan aus seiring berjalannya waktu.

Untuk pemakaian wajar, biasanya kampas kopling dapat digunakan hingga 24.000km sampai dengan 35.000 km tergantung pemakaian. Namun usia pakai kampas kopling akan kembali sesuai dengan pemakaian. Apabila sering dipakai, maka kampas kopling akan lebih cepat aus.

Salah satu kebiasaan yang dapat mempercepat usia pakai kampas kopling pada motor skutik adalah gaya berkendara. Apabila gaya berkendara buruk, maka kampas kopling motor skutik juga akan cepat aus. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengendara adalah menarik gas sambil mengerem.

Baca Juga: Ciri-ciri CVT Motor Matic Mulai Bermasalah, Cek Komponen Ini

Kebiasaan menarik gas sambil menarik rem dapat berakibat kampas kopling pada motor lebih cepat aus. Hal ini terjadi karena kopling motor tetap berputar ketika motor dalam keadaan berhenti. Salah satu efek yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan buruk ini ada pada komponen v-belt. V-belt pada motor akan sering mengalami selip. Ketika V-belt mengalami selip, tarikan motor akan menjadi lambat. Ketika pengendara menarik gas penuh, laju motor akan menjadi lebih lambat.

Oleh karena itu, agar kampas kopling motor tetap awet, pengendara harus menghindari kebiasaan buruk tersebut saat berkendara. Selain itu, pengecekan terhadap komponen kopling pada motor juga harus sering dilakukan. Biasanya, pengecekan pada kampas kopling motor dilakukan setiap 8.000 km. Pengendara moor juga disarankan untuk melakukan pengecekkan terhadap komponen lain seperti roller dan v-belt.

Kampas Kopling Kopling Motor motor skutik tips merawat motor matik Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas