Yamaha Jelaskan Alasan Copot Mesin 125 cc dan Ganti Jadi 155 cc Pada Lexi, Gini Kata Bosnya

momotor.id - Yamaha menghadirkan perombakan besar pada Lexi yang termasuk salah satu skutik kelas Maxi mereka di tahun 2024 ini. Salah satu ubahan besar pada Yamaha Lexi terbaru ini adalah kapasitas mesin yang naik menjadi 155 cc.

Bila melihat generasi sebelumnya, memang hanya Lexi yang masih menggendong mesin 125 cc di kelas Maxi. Padahal dua saudaranya di kelas itu yakni NMax dan Aerox, sama-sama sudah menggunakan mesin 155 cc.

Sementara Yamaha memiliki cukup banyak pilihan model skutik dengan mesin 125 cc. Misalnya di kelas Matic, ada Freego, Gear, Mio M3, Fino, dan X-Ride. Belum ditambah dari kelas Classy yang menawarkan model Grand Filano dan Fazzio.

Nah, Yamaha Lexi generasi terbaru ini dibekali mesin 155 cc yang setara dengan NMax dan Aerox. Marketing Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Hiroshi Takeyama, pun menjelaskan alasan mengapa pihaknya membenamkan mesin yang lebih besar pada Lexi generasi terbaru.

"Yamaha selalu mendengar suara konsumen. Setelah meluncurkan 125, model itu mendapatkan apresiasi dari masyarakat Indonesia. Bagaimanapun menurut masukan konsumen, banyak orang Indonesia ingin mendapatkan power yang lebih besar," ujar Takeyama.

Hal senada juga diungkapkan Dyonisius Beti selaku Presiden Direktur dan CEO PT YIMM. Menurutnya Lexi yang masuk dalam jajaran Maxi series memang diminta oleh konsumen agar naik kelas.

"Satu, karena dia masuk dalam kategori Maxi, dan body size lebih besar. Konsumen itu mengharapkan kelasnya lebih tinggi. Sedangkan pada 125 cc, Yamaha sudah memiliki berbagai model blue core seperti Mio, Gear, Freego, Fazzio, dan sebagainya. Jadi ini naik kelas," ujar Dyon.

Dyon menambahkan, dengan keluarnya model baru Lexi bermesin 155 cc, otomatis model lawas yang mengusung mesin 125 cc sudah discontinue alias tak diproduksi lagi.

Adapun Yamaha Lexi LX 155 yang dirilis pada Januari 2024 ini memiliki mesin 155 cc dengan teknologi VVA yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 15,3 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm pada 6.000 rpm.

Baca juga: Seragam Baru Yamaha WR155R 2024: Ada yang Berbalut Tiga Warna, Kesan Adventure Lebih Dapet

Untuk urusan fitur, skutik anyar Yamaha ini dibekali smart keyless, Start Stop System, sistem pengereman ABS pada tipe tertentu, Y-Connect, USB power socket, dan suspensi belakang dengan sub-tank. Bagian panel meter digital juga menghadirkan desain baru.

Untuk harganya, varian Standard dibanderol Rp25.350.000. Sedangkan varian S dibanderol Rp26.850.000. Sementara varian Connected ABS dihargai Rp29.900.000.

Yamaha juga memberikan garansi lima tahun atau 50.000 kilometer untuk pembelian Lexi LX 155. Garansi tersebut meliputi rangka, Forged Piston & DiASil Cylinder, dan komponen Fuel Injection.

Yamaha Aerox Yamaha Lexi 125 Yamaha Lexi LX 155 Yamaha Nmax

Rekomendasi Motor Bekas