Ciri-ciri Kampas Rem Motor Sudah Aus dan Harus Ganti Baru

momotor.id - Salah satu komponen motor yang perlu diperiksa secara berkala adalah kampas rem. Bagi yang masih awam, mungkin bertanya-tanya kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk ganti kampas rem motor.

Kampas rem ini sangat penting perannya sehingga perlu segera diganti jika sudah tipis. Kondisi kampas rem motor ini harus selalu diperhatikan, agar nantinya tetap berfungsi normal untuk menghentikan laju kendaraan.

Jadwal penggantian kampas rem motor ini sendiri memang tidak bisa ditentukan interval pemakaiannya. Hal ini dikarenakan gaya berkendara maupun jarak tempuh yang dilakukan oleh setiap orang berbeda-beda. Selain itu, kondisi lalu-lintas yang dilalui setiap orang juga berbeda-beda, sehingga banyak faktor yang membuat jadwal pergantian kampas rem motor ini tidak menentu.

Meski begitu, seperti dilansir Astra Motor, penggantian kampas rem motor bisa dilakukan dalam kurun waktu dua hingga tiga bulan sekali. Bahkan ada juga beberapa pemilik kendaraan bermotor bisa melakukan pergantian kampas rem ini lebih dari itu.

Namun ada beberapa indikator yang bisa digunakan oleh para pemilik motor guna mengetahui atau mengecek sudah aus atau belum kampas rem dari motor yang dimiliki. Pertanda untuk mengetahui apakah sudah waktunya ganti kampas rem motor sangat mudah. Pemilik motor bisa memperhatikan dengan teliti pada bagian piringan rem motor tersebut.

Jika posisi kampas rem yang menjepit piringan ini masih lebar, maka tandanya kampas rem dari motor anda ini masih bagus kondisinya. Tetapi jika posisi kampas rem ini sudah menghimpit piringan, maka itu tandanya kondisi kampas rem sudah aus dan sudah waktunya diganti.

Selain memantau pada bagian piringan rem ini, pemilik motor bisa mendeteksi atau mencari tahu melalui suara. Jika saat melakukan pengereman menimbulkan suara yang cukup mengganggu, maka ini bisa jadi pertanda waktunya ganti kampas rem motor.

Baca juga: Tips Membeli Motor Bekas agar Tidak Kecele

Timbulnya suara ini dihasilkan dari cakram yang beradu dengan kampas yang tinggal menyisakan pelatnya. Gesekan antar pelat ini bisa menghasilkan suara yang cukup mengganggu. Jika kondisi kampas rem motor sudah aus, maka solusi satu-satunya adalah mengganti kampas tersebut dengan yang baru.

Jelas sangat berisiko jika tetap memaksakan berkendara dengan kondisi kampas rem aus. Karena nantinya hal ini bisa membuat pelat kampas rem itu pecah dan membahayakan diri sendiri serta orang lain.

kampas rem motor tips perawatan motor waktu yang tepat ganti kampas rem

Rekomendasi Motor Bekas